Yuk Kenali Masalah yang Biasa Terjadi Pada Panel Speedometer, Berikut Ciri-cirinya

 

Mengganti panel LCD speedometer dengan yang baru adalah solusinya. Tapi tentunya ada tips mudah supaya hal tersebut tidak terjadi diantaranya, menyimpan atau parkir sepeda motor di tempat yang teduh atau terhindar dari sinar matahari secara langsung, bisa memilih tempat parkir di area indoor atau jika terpaksa disimpan ditempat terbuka, diusahakan untuk menutupnya dengan cover atau benda lainnya yang aman.

 

Antisipasi lainnya, bisa melapisi mika panel speedometer dengan plastik film yang biasa dipasang di kaca-kaca mobil, kita bisa pilih yang 20 persen atau 30 persen bahkan warna plastic filmnya juga banyak pilihan, bisa pake yang bernuansa biru, hijau, atau gelap, intinya kita bisa setting tingkap gelapnya agar indikator di speedometer tetap dapat terlihat.

 

  1. Panel Speedometer Memudar dan Tidak Terbaca

Jika indikator speedometer tidak bergerak atau tidak bisa menampilkan informasi seperti angka kecepatan sepeda motor ada kemungkinan ada beberapa bagian komponen seperti kabel yang terputus atau rusak.

 

Tapi terkadang ada juga kondisi dimana memudar atau hanya berkedip. Masalah ini terjadi pada sepeda motor yang sudah berusia lebih dari 6 tahun, penyebabnya bisa karena kelistrikan yang disebabkan aki yang sudah lemah dan bahkan tak berfungsi, sehingga terkadang panel speedometer hanya berkedip dan menunjukan tampilan yang tidak stabil ketika dinyalakan.

 

Aki atau baterai sepeda motor memang menjadi komponen yang paling penting, sehingga jika terjadi kerusakan atau tegangannya sudah lemah maka akan merembet pada masalah yang lainnya, salah satunya panel speedometer. Menggantinya dengan yang baru adalah langkah yang tepat, apalagi ketika usia pakainya yang sudah melebihi kemampuannya. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan