Revitalisasi Alun-alun Singaparna Tasikmalaya Telan Anggaran Rp 10.4 Miliar

Jabarekspres – Setelah dilakukan revitalisasi, keberadaan alun-alun Singaparna di Kabupaten Tasikmalaya saat ini menjadi tempat favorit warga untuk berekreasi atau sekedar berkumpul.

Berdasarkan informasi dari website LPSE Kabupaten Tasikmalaya Pembangunan yang berasal dari bantuan keuangan (Bankeu) Pemerintah Daerah Provinsi Jawa Barat.

Revitalisasi alun-alun Singaparna Tasikmalaya dialokasikan pada tahun anggaran 2022 dengan nilai pagu paket Rp 10,4 miliar.

Untuk kontrak setelah tender dimenangkan oleh Tandang Makalangan yang beralamat Jalan Sukamantri I No. 175/144D RT. 002 RW. 010 Sukaluyu Kota Bandung dengan nilai Rp 9,9 miliar.

Proyek tersebut pernah mengalami gagal lelang pada pada 21 Juli 2022. Kemudian dilakukan tender ulang pada 18 Agustus 2022 dengan nilai yang sama.

Akan tetapi anehnya, perusahaan kontraktor Tandang Makalangan ini pernah jadi peserta tender pertama yang mengalami kegagalan itu dengan penawaran Rp 8.8 miliar. Sedangkan pada tender ulang Perusahaan Tandang Makalangan memberikan penawaran Rp 9,9 miliar.

Ketika Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil meresmikan alun-alun Singaparna mengatakan, alun alun ini dibangun dengan skema satu tahun anggaran melalui bantuan keuangan Pemdaprov Jabar dari APBD.

Adapun untuk fasilitas alun-alun singaparna Kabupaten Tasikmalaya di antaranya, ruang terbuka Amfiteater, plaza, jogging track , dan arena bermain anak dan fasilitas taman.

“Ini alun-alun dipersembahkan kepada masyarakat Singaparna sebagai kanyaah (rasa sayang) kami kepada warga Tasikmalaya,” ucap Kang Emil — sapaan akrab Gubenur Jawa Barat.

Selain penataan Alun-alun Singaparna, Pemdaprov Jabar juga  akan melakukan revitalisasi terhadap sejumlah alun-alun di Kabupaten Tasikmalaya.

‘Keberadaan Alun-alun Ciawi dan Alun-alun Cikatomas juga akan segera direvitalisasi pada 2023 ini dan sudah menjadi prioritas Pemdaprov Jabar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Selain ini, Alun-alun Ciawi dan Cikatomas juga akan dilakukan hal yang sama sehingga Kabupaten Tasikmakaya menjadi luar biasa,” sebut Kang Emil. (yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan