Alun-Alun Singaparna Tasikmalaya Punya Wajah Baru

Jabarekspres – Keberadaan alun-alun Singaparna di Kabupaten Tasikmalaya kini memiliki wajah baru, setelah Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemdaprov Jabar) melakukan revitalisasi.

Gubenur Jawa Barat Ridwan Kamil mengatakan, keberadaan alun-alun yang ada di setiap pusat pemerintahan memiliki peran penting.

Hal ini sama halnya dengan keberadaan Alun-alun Singaparna yang memiliki fungsi sebagai ruang publik untuk tempat berkumpulnya warga.

Pemdaprov Jabar memberikan perhatian khusus dengan keberadaan alun-alun yang berada di Kota maupun di tingkat kecamatan.

“Ini adalah janji kami, alun-alun Singaparna sudah ditata dengan baik semoga memberikan manfaat,’’ kata Ridwan Kamil dalam keterangannya.

Menurutnya, kondisi alun-alun singaparna sebelumnya kurang tertata dengan baik. Untuk itu, Kang Emil—sapaan akrab Gubenur Jabar meminta agar warga Singaparna menjaga keberadaan alun-alun ini.

‘’Kepada warga saya berpesan jaga kebersihan dan ketertiban alun-alun yang berdekatan dengan Pasar Singaparna itu,’’ ujarnya.

Alun-alun singaparna dibangun dengan skema satu tahun anggaran melalui bantuan keuangan Pemdaprov Jabar dengan anggaran

Adapun untuk fasilitas alun-alun singaparna di antaranya, ruang terbuka amfiteater, plaza, jogging track , dan arena bermain anak.

“Ini alun-alun dipersembahkan kepada masyarakat Singaparna sebagai kanyaah (rasa sayang) kami kepada warga Tasikmalaya,” ucap Kang Emil.

Keberadaan alun-alun ini juga dapat meningkatkan perekonomian masyarakat setempat. Sebab dengan adanya masyarakat berkumpul di satu tempat maka akan ada kegiatan ekonomi seperti keberadaan pedagang-pedagang kecil.

Selain penataan Alun-alun Singaparna, Pemdaprov Jabar juga  akan melakukan revitalisasi terhadap sejumlah alun-alun di Kabupaten Tasikmalaya.

‘Keberadaan Alun-alun Ciawi dan Alun-alun Cikatomas juga akan segera direvitalisasi pada 2023 ini dan sudah menjadi prioritas Pemdaprov Jabar untuk meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Selain ini, Alun-alun Ciawi dan Cikatomas juga akan dilakukan hal yang sama sehingga Kabupaten Tasikmakaya menjadi luar biasa,” sebut Kang Emil. (yan).

Revitalisasi alun-alun, Alun-alun, Alun-alun Singaparna, Kabupaten Tasikmalaya, Tasikmalaya,

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan