Dana Hibah untuk KONI KBB Hanya 500 Juta, Ketua: Maunya Apa Hengky!

JabarekspresKomite Olahraga Nasional  Indonesia (KONI) Kabupaten Bandung Barat menyesalkan besaran dana hibah 2023 yang diberikan oleh Bupati Bandung Barat Hengky Kurniawan sebesar Rp 500 juta.

Ketua Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) Kabupaten Bandung Barat (KBB) Agus Mulya Sutanto menyingung besaran dana hibah 2023 itu.

Lantas kemudian Agus menyinggung dana hibah KONI yang lebih besar pada tahun-tahun sebelumnya seperti  2010 sebesar Rp3 miliar, tahun 2014 Rp10 miliar, tahun 2018 Rp20,2 miliar dan di tahun 2022 sebesar Rp12,5 miliar.

“Jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, jumlah ini turun drastis. Bagaimana kami mau membina atlet-atlet kami untuk lebih baik,” ucap Agus Sabtu (14/1).

Agus menilai, turunan dana hibah itu, imbas dari kontestasi pemilihan Ketua KONI KBB periode 2022-2026 lalu yang dimenangkan oleh dirinya. Ternyata sampai saat ini permasalahan itu belum selesai.

“Pikir saya setelah ada Porprov masalah selesai.Ternyata masalah ini belum selesai, buktinya program KONI hanya mendapat anggaran Rp 500 juta, ada apa dibalik itu,” jelas Agus

Agus menambahkan pada saat KONI KBB ini berdiri pada 2007 lalu hibah yang digelontorkan oleh Pemerintah Daerah (Pemda) Bandung Barat sebesar Rp500 juta.

“Tahun 2007 lalu, KONI berdiri dan terbentuk di KBB, dan pada tahun itu, KONI mendapatkan anggaran Rp 500 juta, dan sampai ke sini-sini itu terakhir beberapa tahun lalu sampai Rp 20 miliar, lalu turun menjadi Rp 12,5 miliar. Masa tahun ini Koni mendapat Rp 500 juta,” terangnya

Agus mengatakan, dirinya tidak mengetahui keinginan Bupati Bandung Barat, Hengky Kurniawan yang memberikan anggaran untuk KONI KBB yang sangat minim itu.

“Ada apa dengan Hengky ini, tolong catat sama dia, saya Ketua KONI, maunya apa Hengky ini, sedangkan untuk memajukan olahraga dan memberikan pembinaan kepada atlet ini hanya diberi hibah segitu,” jelasnya

Pada kesempatan itu Agus Mulya juga menyoroti kebijakan Pemda Bandung Barat yang juga mengurangi nominal bonus bagi para atlet mencapai 50 persen dari jumlah yang dijanjikan.

“Contoh kecil saja, Kabupaten Bandung, Kota Bandung, Kota  Cimahi itu Rp 75 juta untuk bonus atlet. Tapi ini Bandung Barat kabarnya hanya Rp25 juta,” jelasnya

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan