10 Jenis Tanaman Hias yang Direkomendasikan untuk Menetralisir Udara Beracun

Keberadaan tanaman hias di dalam rumah ternyata dapat menetralisir udara dari partikel zat-zat beracun. Sebab, udara di dalam rumah atau kantor ternyata memiliki efek samping bagi kesehatan.

Tanaman Hias yang berdekatan dengan ventilasi udara membuat aliran udara tersaring dari patikel-partekel yang buruk. Sehingga, udara yang berada di dalam ruangan menjadi sehat dan bersih.

BACA JUGA: PBB Mengingatkan pada 2050 Penduduk Dunia Akan Mengalami Krisis Air

.Dilansir Healthline.com, berdasarkan penelitian, perabotan, bahan bangunan sintetis, dan karpet banyak mengandung bahan kimia berbahaya. Bahan kimia ini dapat membuat hingga 90 persen polusi udara dalam ruangan.

Untuk menetralisir kondisi sirkulasi udara yang buruk ini, sebetulnya ada cara sangat mudah. Salah satunya dengan memelihara tanaman hias yang dapat memfilter udara.

Berasarkan hasil riset NASA pada tahun 1989, sebetulnya banyak sekali tanaman hias yang dapat menyerap racun zat kimia berbahaya yang berasal dari udara. Terutama di ruang tertutup dengan sirkulasi udara terbatas.

Studi ini telah menjadi dasar tentang tanaman hias yang mampu membersihkan udara alami, hemat biaya dan menambah estetika.

BACA JUGA: Oksigen di Bumi Bisa Habis Kehidupan Manusia Berakhir, Begini Menurut Hasil Penelitian

NASA merekomendasikan untuk melakukan filter udara dengan media tanaman hias sebaiknya anda menyimpan dua atau tiga tanaman dalam pot berukuran 8 hingga 10 inci untuk ruangan 10 meter persegi.

Berikut jenis tanaman hias yang dapat memfilter udara.

Spider Plant atau Tanaman laba-laba

Dikenal dengan nama latin Chlorophytum Comosum tumbuhan ini di Indonesia sangat mudah didapatkan dan efektif dapat menyaring udara.

Tanaman ini dapat tumbuh dengan cepat dan terlihat bagus di keranjang gantung. Untuk perawatan tidak sulit, tanaman ini juga tidak beracun dan aman.

Tanaman Hias Laba-laba
Tanaman Laba-laba

Dracaena

Bagi pecinta tanaman hias, tanaman Dracena tentunya sudah tidak asing lagi. Tanaman hias ini hadir dalam berbagai bentuk, ukuran, dan warna.

Untuk perawatan tanaman Dracena adalah dengan cara menjaga agar tanah tetap lembab tetapi tidak basah. Namun tanaman ini beracun untuk hewan kucing atau anjing.

Kegunaan Dracena dapat memfilter udara dari zat-zat formaldehida, xilena, toluena, benzena, trikloretilena.

Tanaman Dracena
Tanaman Dracena

Pothos emas ( Epipremnum aureum )

Juga dikenal sebagai ivy setan. Tanaman ini juga mudah didapatkan dan dapat tumbuh memanjang dengan merambat.

Pothos Emas dianggap sebagai salah satu pembersih udara dalam ruangan yang paling efektif untuk menghilangkan racun secara umum.

Kegunaannya menghilangkan zat formaldehida, xilena, toluena, benzena, karbon monoksida, dan banyak lagi

Tanaman Hias Photos Emas
Tanaman Hias Photos Emas

Pohon pinang ( Chrysalidocarpus Lutescens )

Tanaman ini berasal dari Madagaskar dan mudah tumbuh di luar ruangan. Tetapi jika Anda memiliki ruang dengan cahaya cukup tidak ada salahnya disimpan disudut ruangan yang luas dengan pot besar. Tanaman pinang membutuhkan banyak air.

Pohon Pinang sangat berguna untuk memfilter udara dari zat-zat beracun di antaranya benzena, karbon monoksida, formaldehida, trikloroetilena, xilena, dan banyak lagi

Tanaman Pohon Pinang
Tanaman Pohon Pinang

Bunga Krisan ( Chrysanthemum morifolium )

Bunga krisan banyak didapati di gerai-gerai toko bunga. Tanaman ini menempati peringkat tertinggi untuk pemurnian udara. Krisan terbukti menghilangkan racun umum serta amonia.

Bunganya yang memiliki warna menarik, dapat menambah keindahan jika disimpan dalam pot. Namun, bunga Krisan hanya mekar selama sekitar enam minggu sekali. Tapi tanpa bunga, itu tidak akan memurnikan udara.

BACA JUGA: Perubahan Iklim Sudah Kritis, Efek Domino Hasilkan Bencana di Muka Bumi

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *