Pengangkutan Sampah ke TPA Sarimukti Terkendala, Ridwan Kamil Respons Cepat

BANDUNG – Pengangkutan sampah ke Tempat Pembuangan Akhir atau TPA Sarimukti yang terletak di wilayah Cipatat Kabupaten Bandung Barat (KBB) harus terpaksa dihentikan sementara.

Diketahui, pemberhentian sementara tersebut dikarenakan adanya kendala seperti jalan yang menuju TPA Sarimukti mengalami amblas. Sehingga dengan hal tersebut, pengangkutan sampah dari Wilayah Bandung Raya terpaksa harus diberhentikan sementara.

Menanggapi hal tersebut, Gubenur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil mengaku bahwa Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jabar akan segera menyelesaikan permasalah tersebut.

“Ini (kendala pengangkutan sampah ke TPA Sarimukti). kan pernah kejadian sebelumnya dan selalu ada solusinya,” ucap Emil sapaan akrabnya di Gedung Sate, Kota Bandung, Jumat (13/1).

Dalam pengangkutan sampah di Jabar khususnya wilayah Bandung raya, kata Emil masih sering terjadi dinamika di lapangan. Maka dari ia mengaku permasalahan yang saat ini tengah terjadi akan segera diselesaikan oleh pihaknya.

“Ini kan selalu ada dinamika di banyak tempat (soal pengangkutan sampah). Tentunya kita akan segera selesaikan di level antar wilayah (kabupaten kota) dan nanti dibereskan sama DLH (Dinas Lingkungan Hidup),” pungkasnya.

Untuk diketahui, sejak sepekan kebelakang pengangkutan sampah dari wilayah Bandung raya ke TPAS Sarimukti terhambat akibat adanya jalur menuju tempat pembuangan mengalami amblas hingga tidak bisa dilalui.

Bahkan pada Kamis (13/1), sejumlah truk pengangkut sampah mengantri hingga 6 kilometer menunggu giliran melakukan pembuangan ke TPAS Sarimukti.

Sementara, ketika dikonfirmasi ke Kepala DLH Jabar Prima Mayaningtyas, hingga berita ini diturunkan belum memberikan penjelasan terkait kendala pengangkutan sampah dari Wilayah Bandung Raya ke TPAS Sarimukti. (san)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan