Menyambut Imlek, Pesanan Barongsai dan Liong Meroket, Ini Alasannya

BOGOR – Pesanan pembuatan liong dan barongsai melonjak seiring dengan semakin dekatnya perayaan tahun baru Imlek dan Cap Go Meh 2023.

Perajin usaha pembuatan liong dan barongsai di Kota Bogor, Lili Hambali,61, membenarkan jika permintaan pasar mulai naik.

Menurutnya pada tahun ini sudah ada lagi orderan pemesanan liong dan barongsai dengan jumlah 100-150 produk.

“Kalau tahun sekarang pesanan sangat meningkat, dari dua bulan yang lalu, sudah ratusan yang memesan,” kata Lili kepada Jabarekspres.com, Senin (9/1).

 

Lili yang sudah merintis usaha pembuatan barongsai dan liong ini sejak tahun 2000-an silam, berawal saat dia masih menjadi pemain barongsai.

 

Di bengkel miliknya itu, pemesanan barongsai dan liong tidak hanya menjelang tahun baru imlek saja. Akan tetapi hari biasa pun selalu ada pesanan.

“Kalau di sini pesanan Alhamdulillah ada terus, gak cuma mau Imlek saja. Tapi hari-hari biasa juga ada, karena banyak yang pesen itu buat penampilan di daerahnya masing-masing,” tambahnya.

Bapak dari dua anak ini menyebutkan, barongsai dan liong dijual dengan harga dari Rp 5,5 juta hingga Rp 8 juta tergantung ukuran dan tingkat kerumitan.

 

Tak hanya itu, di bengkelnya ini bukan hanya menjual barongsai dan liong baru saja. Namun, menerima untuk servis badan atau kepala liong dan barongsai yang mengalami kerusakan.

“Untuk pasarnya sendiri dari sabang sampai merauke sudah ada yang pesan. Bahkan tahun sebelumnya itu kita pernah kirim ke Arab dan Australia,” lanjutnya.

Banyaknya pesanan ini dilatarbelakangi dengan sudah tidak berlakunya masa Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM).

“Kan sekarang sudah enggak Covid jadi pemesanan banyak. Berbalik saat waktu covid, di sini sama sekali gak ada pesanan,” pungkasnya. (sfr)

 

Pekerja menyelesaikan pembuatan barongsai di Kota Bogor, Senin 9 Januari 2023. Foto: Sandika Fadilah/Jabarekspres

 

 

 

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan