Relawan Ganjar Pranowo Sebar 10 Ribu Bibit Pohon Buah di Lahan Kritis KBU

Jabarekspres – Untuk mengatasi lahan kritis di wilayah Bandung Utara, Relawan Ganjar Pranowo menggelar kegitan penghijauan dengan menanam pohon.

Pohon bibit buah-buahan itu dibagikan kepada para petani di Kecamatan Cimenyan agar daat dirawat samai berbuah dan dimanfaatkan dikemudian hari.

Salah seorang petani setempat Udung, 65 mengatakan, para petani akan sangat mendukung rgram penghijauan dengan menanam pohon yang dibagikan leh Ganjar Pranowo.

Dia mengaku, bibit pohon buah buahan sangat bermanfaat. Selain untuk menhijaukan kembali lahan. Buahnya bisa dimanfaatkan.

“Kami butuh bibit supaya punya panen buah dan juga supaya lahan terjaga dari longsong,” kata Udung warga Cicayur, Desa Cimenyan, Kec. Cimenyan, Kab. Bandung, Jumat (7/1).

Udung sendiri meruakan petani penggarap. Lahan yang digarapnya seluas 1.000 tumbak milik dari tuan tanah yang berasal dari Kota Bandung.

Dengan ditanami pohon itu, harapannya lahan garapannya akan menjadi hijau dan dapat mengantisipasi terjadinya longsor.

Dia sendiri mengaku, sebelumnnya warga setempat memiliki lahan garapan di KBU. Namun karena faktor kebutuhan banyak lahan yang dijual kepada tuan tanah. Kemudia menggarapnya. Sehingga tidak perlu bayar sewa.

‘’Jadi meskipun bukan lagi lahan milik warga, para petani penggarap memiliki kewajiban agar lahan di KBU kembali hijau dan lingkungan tetap terjaga,’’ kata Udung.

Sementara itu, Koordinator Kegiatan Relawan Ganjar Bah Enjoem mengatakan, pentingnya menjaga lingkungan supaya kehidupan bisa berlangsung dengan baik.

“Kita jangan hanya memanfaatkan bumi ini. Tapi juga harus menjaga dan melayani bumi,” kata Bah Enjoem, usai memimpin doa mengawali kegiatan pembagian bibit yang dibagikan oleh relawan Ganjar.

Menurutnya, Ganjar Pranowo adalah sosok yang peduli kepada lingkungan. Sehingga meskipun bukan penduduk Bandung, Ganjar tetap memberi perhatian keada kelestarian alam.

Kurang lebih 10.000 bibit dititipkan kepada relawan untuk dibagikan kepada para petani di Kecamatan Cimenyan.

Menurutnya, untuk distribusi diakukan secara bertahap. Pekan pertama Januari 2023 sudah terdistribusikan mencapai 5.000 bibit pohon.

Selain di desa Cimenyan, bibit tanaman Desa Cikadut, Desa Mekarmanik, Desa Sindanglaya, Desa Mandala Mekar dan lain sebagainya.

Pada kegiatan yang bertema “Sosialisasi Aksi Konservasi dan Pembagian Bibit” itu, dibagikan berbagai jenis bibit buah-buahan seperti matoa, durian, jeruk sukun, sawo, nangka, jambu, jengkol, dan mangga.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan