UT Ojat

Padahal UT-lah yang bisa mencetak sarjana dalam jumlah besar.

Memang kehadiran UT harusnya bisa menepis isu pemerataan pendidikan tinggi. Biaya kuliah di UT sangat murah: hanya Rp 35.000/mata kuliah. Kalau yang dimiliki hanya Rp 35.000 mahasiswa boleh hanya mengambil satu mata kuliah. Yang lainnya bisa diambil lain kali. Pun bagi yang harus bekerja. Busa mengambil mata kuliah satu atau dua saja.

Masalahnya tinggal mau kuliah atau tidak. (Dahlan Iskan)

 

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Tulisan Edisi 4 Januari 2022: Chui Mie

Agus Suryono

10 HAKKA SPIRIT 1). Menghormati leluhur. 2). Mengajarkan berbakti. 3). Rukun dengan tetangga. 4). Menjunjung tinggi kesetiakawananan. 5). Berusaha dan bersatu. 6). Rajin dan tekun (ke ku nai lao) 7. Ulet, kuat, tabah (jian yi yang kiang). 8). Pengembang usaha. 9). Hemat, jujur. 10). Cinta tanah air. #Semuanya positif..

Amat Kasela

Ada kosakata yang tidak familier dalam kamus saya, “menggutus”. Dicari di KBBI dengan kata dasar “gutus”, tidak ditemukan. Dengan bantuan Om Gugel, dicari lagi, masih tidak ditemukan. Trus, artinya apa? Tolong kawan-kawan yang mengerti, saya perlu pencerahan. Dari bahasa asing atau bahasa daerah manakah “menggutus”?

 

Saiful Ahmad

Kalau orang Jepara, jika ingin mendeskripsikan yang paling cantik tak terhingga, cukup bilang “cuantik”. Ketambahan huruf ‘u’ setelah huruf pertama. Bukan “Cantiiiiik” dengan 5i. Cakep, jika cakep tak terhingga jadi “cuakep” bukan “cakeeeeep” 5e. Entah di daerah lain. hehe

 

Johannes Kitono

Ketika membaca CHD judul Chui Mie, terbayang kembali kenangan masih kecil yang indah. Sembilan tahun pernah tinggal di Singkawang yang waktu itu statusnya Ibukota Kab Sambas. Memang tinggal di Asrama Bruder yang lokasinya di samping Gereja Katolik Sto Fransiskus Asisi. Jarak tempuh Pontianak – Singkawang ( 145 km ) 3,5 jam padahal dulu hanya 2,5 jam. Tentu saja wajar kalau start dari Pontianak tengah malam saat trafik senggang. Wawancara dengan Chui Mie dilakukan setelah santap Dadar Tiram dan pare udang. Dan ini yang jadi tanda tanya. Konon Don Juan, embahnya Play Boy kelas dunia juga makan Oyster mentah dulu sebelum ketemu pacar pacarnya. Untuk meningkatkan libido. Tentu kita percaya dadar tiram dan pare udang resto Hakka hanya sekedar menghilangkan rasa lapar saja. Ketika masih walikota Tjhai Chui Mie, Singkawang terpilih sebagai kota toleransi tinggi. Tentu ini prestasi yang harus dibanggakan tapi harus jelas juga kriterianya. Bisa jadi modal untuk melanjutkan term kedua di tahun 2024 nanti.Singkawang dieja dengan Hakka jadi San Keu Jong yang terjemahan bebasnya adalah kota yang terdiri dari Gunung ( San ) Keu ( Laut ) dan di Nam Yong ( Selatan ). Nama Singkawang berasal dari etnis Hakka. Intonasi Hakka Singkawang adalah Hoplo yang nadanya turun naik ( lembut = nyon ). Dialek Hakka Hoplo tersebar di Singkawang, Pemangkat, Sambas, Bangka dan Serawak. Beda dgn Hakka Sin On yang nadanya lebih tegas ( ngang ) dan tersebar di Sanggau,Sintang, Belitung dan Kinabalu.(lanjut)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan