Kapan Puasa Ayyamul Bidh di Bulan Januari 2023? Berikut Jadwal lengkap dan Bacaan Niatnya

JABAREKSPRES – Puasa ayyamul Bidh atau puasa tengah bulan merupakan puasa sunah yang sering dilakukan oleh Rosulullah SAW. Untuk bulan ini, puasa ayyamul bidh akan jatuh di minggu pertama Januari 2023 atau bertepatan dengan Bulan Jumadil Akhir 1444 Hijriyah.

Anjuran melakukan puasa ayyamul bidh dapat diketahui dari salah satu hadis Dari Abu Hurairah radhiallahu’anhu,yang menyebutknan

“Kekasihku (Rasulullah Shallallahu’alaihi Wasallam) mewasiatkan aku tiga perkara: puasa tiga hari di setiap bulan, dua raka’at sholat dhuha dan shalat witir sebelum tidur” (HR. Bukhari no. 1178, Muslim no. 721).

Dengan demikian, puasa tengah bulan yang terdiri dari tiga hari ini menjadi salah satu yang sangat penting untuk dikerjakan, karena menjadi wasiat langsung dari Rosulullah SAW.

Sesuai namanya, puasa tengah bulan atau ayyamul bidh selalu jatuh di pertengahan bulan hijriah setiap bulannya. Yakni puasa tiga hari sekaligus pada tanggal 13, 14, 15 setiap bulan Hijriyah.

Selain dikenal dengan puasa tengah bulan, Puasa Ayyamul Bidh yang juga dikenal dengan sebutan Puasa Putih, karena saat itu posisi Bulan Purnama.

Selain hadits diatas, juga ada hadits yang menyebutkan tentang pahala puasa Ayyamul bidh ini, yakni riwayat dari Ibnu Milhan Al Qoisiy, dari ayahnya, ia berkata, “Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam biasa memerintahkan pada kami untuk berpuasa pada ayyamul bidh yaitu 13, 14 dan 15 (dari bulan Hijriyah).” Dan beliau bersabda, “Puasa ayyamul bidh itu seperti puasa setahun.” (HR. Abu Daud no. 2449 dan An Nasai no. 2434).

Untuk lebih jelasnya berikut jadwal Puasa Ayyamul Bidh

Puasa Sunnah Ayyamul Bidh hari Pertama, 6 Januari 2023/13 Jumadil Akhir 1444 H

Puasa Sunnah Ayyamul Bidh hari Kedua, 7 Januari 2023/14 Jumadil Akhir 1444 H

Puasa Sunnah Ayyamul Bidh hari Ketiga, 8 Januari 2023/15 Jumadil Akhir 1444 H

Dengan demikian, puasa tengah bulan ini akan dimulai pada besok hari jumat 6 Januari 2023 dan berakhir pada 8 Januari 2023. Sebelum melaksanakannya, sebaiknya lakukan persiapan untuk sahur di esok pagi dan jangan lupa untuk membaca niatnya.

Berikut bacaan niat Puasa Ayyamul Bidh

نَوَيْتُ صَوْمَ غَدٍ اَيَّامَ اْلبِيْضِ سُنَّةً لِلَّهِ تَعَالَى

Nawaitu shouma ghadin ayyamal bidhi sunnatan lillahi ta’ala

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan