Dibiarkan Terbengkalai Pelaku Seni Minta Gedung Kesenian Direnovasi

Jabarekspres – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Pemerintah Kabupaten Bogor (Pemkab Bogor) berencana akan melakukan perawatan dan perbaikan Gedung Kesenian dengan menyiapkan anggaran sebesar Rp 1 miliar.

Wacana itu mendapatkan apresiasi dari Dewan Kesenian Kabupaten Bogor (DKKB). Namun peruntukan Gedung tersebut haruslah jelas sesuai dengan fungsionalnya.

” Saya sangat apresiasi kalau memang ada arah kesana, tetapi fungsi dan peruntukannya harus lebih dipertegas,”ujar Ketua DKKB Putra Gara kepada media, Rabu (4/1).

Putra Gara menjelaskan, Jauh sebelum ada Stadion Pakansari dengan sarana prasarana yang saat ini ada. Gedung Kesenian nama awalnya gedung seni dan olahraga.

“Sudah ada sejak lama, kami ingin gedung itu diperuntukan untuk wadah para seniman, sebagai bentuk apresiasi potensi dan kemampuan seni para seniman, ” tambahnya.

Kendati demikian, setelah pinjam pakai oleh Polres Bogor telah selesai, gedung tersebut seharusnya kembali diperuntukan sebagai sekretariat DKKB dan wadah kesenian Kabupaten Bogor.

“Mudah-mudahan awal tahun kita bisa langsung melakukan eksekusi untuk berkantor di gedung kesenian itu, apalagi plangnya sudah jelas di sana, namun digunakan untuk hal lain,”lanjutnya.

Ia pun meminta kepada Pejabat terkait untuk lebih serius untuk membina para seniman, dengan diperbaiki dan dirawat Gedung Kesenian itu akan menjadi suatu apresiasi para seniman.

“Kami harap ini dapat segera dilakukan baik itu perawatan atau renovasi, agar para seniman tidak bingung mencari tempat jika akan mengadakan acara, “harapnya

Pantauan Jabarekspres.com dilokasi , Bangunan yang menelan anggaran hingga Rp 8,8 miliar tersebut nampak usang dan tak terawat.

Atapnya yang berkarat, dinding-dingnya yang ditumbuhi lumut serta area luarnya yang ditutupi oleh ilalang-ilalang dan dibiarkan terbengkalai. (sfr/yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan