Fakta Atau Mitos Nanas Muda Bisa Menggugurkan Kandungan? Ini Jawabannya

JABAR EKSPRES – Kita sering mendengar beberapa mitos dari teman atau keluarga tentang makan nanas muda bisa menggugurkan kandungan saat hamil.

Mitos tersebut kian ramai di masyarakat hingga menjadi sebuah kepercayaan jika nanas muda bisa menggugurkan kandungan.

Di balik mitos yang beredar, nanas muda ternyata mempunyai manfaat dan kandungan yang sangat baik. Tidak ada bukti ilmiah yang menjelaskan jika nanas muda dapat mengganggu proses kehamilan.

Sebetulnya, mengonsumsi nanas muda selama kehamilan aman jika dikonsumsi dalam jumlah yang tepat dan tidak berlebihan.

Berapa porsi nanas muda yang tepat untuk ibu hamil? Apakah benar nanas muda bisa menggugurkan kandungan? Berikut penjelasan agar tak keliru soal mitos yang beredar.

Melansir dari laman Pregnancy, dalam nanas muda terkandung zat yang disebut Bromelain. Tablet mengandung bromelain tidak dianjurkan dikonsumsi ibu hamil selama kehamilan. Mereka dapat memecah protein dalam tubuh dan menyebabkan perdarahan abnormal.

Bromelain adalah campuran enzim yang terkandung secara alami dalam jus dan batang nanas. Bromelain memiliki banyak efek positif pada tubuh termasuk menjaga fungsi pencernaan, mengurangi pembengkakan, memar dan peradangan.

Dalam dosis yang cukup besar, Bromelain dapat menyebabkan kontraksi rahim. Kandungan dalam nanas inilah yang membuat para wanita hamil sama-sama mempertanyakan keamanan dan manfaat nanas muda buat kandungan.

Diketahui, untuk benar-benar mencapai kontraksi rahim, rata-rata wanita hamil perlu mengonsumsi setidaknya tujuh nanas muda yang besar sekaligus. Mengingat jumlah nanas tersebut akan menyebabkan diare, tampaknya sangat tidak mungkin ada ibu hamil yang mau mengonsumsi nanas sebanyak ini.

Manfaat nanas muda untuk kesehatan

Meskipun bromelain ditemukan di inti nanas, sangat sedikit yang sebenarnya ada di daging nanas muda yang kita makan. Jumlah bromelain dalam satu porsi nanas tak akan memengaruhi kehamilan Anda.

  1. Meningkatkan daya tahan tubuh.
  2. Mempunyai kandungan Vitamin dan Mineral yang lengkap.
  3. Menurunkan risiko depresi.
  4. Mencegah sembelit.
  5. Menyegarkan tubuh.

Kesimpulan: Fakta atau mitos nanas muda bisa menggugurkan kandungan?

Berdasarkan pemaparan di atas, nanas muda bisa menggugurkan kandungan adalah mitos. Keguguran hanya bisa terjadi apabila ibu hamil mengonsumsi nanas secara berlebihan dalam satu waktu.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan