Memilih Sekuritas Trading Saham Bagi Pemula, Dijamin Langsung Bisa!

JABAR EKSPRES – Di tengah kondisi saat ini semua harga meroket tinggi, phk dimana-mana, maka dari itu artikel ini dibuat untuk kalian yang ingin memulai trading dalam dunia saham. Dan masih bingung bagaimana cara sebagai seorang pemula untuk menjadi seorang trader.

Tujuannya dibuat artikel ini adalah untuk membagikan ilmu-ilmu di dunia investasi dan perdagangan saham kepada masyarakat Indonesia. Semoga apa yang ditulis di artikel ini bisa bermanfaat banyak orang apalagi bagi seorang pemula.

Sebelum kita mulai, kalian harus tau tentang apa itu saham, dan cara memulai investasi saham.

Apa itu saham? Saham adalah bukti kepemilikan nilai sebuah perusahaan. Jadi dengan membeli saham perusahaan, maka kita merupakan pemilik dari perusahaan tersebut.

Nah, lalu bagaimana cara memulai investasi saham?

Pertama-tama kamu harus membuka rekening saham di sekuritas yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tentu saja untuk melakukan transaksi. Kamu harus siapkan dokumen pribadi kalian seperti KTP, NPWP dan buku tabungan. FYI, kalau kamu tidak memiliki NPWP, tidak perlu khawatir karena kalian tetap bisa membuka rekening saham. Kemudian kamu harus mengisi formulir di perusahaan sekuritas. Kamu bisa melihat perusahaan sekuritas yang terdaftar di website ya! Lalu kamu setorkan dana awal atau deposit ke nomor Rekening Dana Investor (RDI). Nah RDI ini nanti akan di emailkan ke email kamu. Dan selamat kamu telah siap berinvestasi!

Lalu Yang bagus sekuritas apa bagi pemula?

ada 4 hal dalam memilih sekuritas

  • pertama adalah fee transaksi

Semakin rendah fee transaksi sebuah sekuritas itu semakin baik. Sekuritas A dan Sekuritas B mungkin punya ketentuan fee transaksi yang berbeda, mungkin ada yang lebih tinggi namun mereka memiliki keunggulan lainnya. Jadi lebih baik kalian riset terlebih dahulu fee transaksi dari sekuritas yang akan kalian daftar. FYI, saat ini fee transaksi paling rendah itu di 0.15% untuk fee beli dan 0.25% untuk fee jual.

  • Yang kedua adalah setoran awal atau deposit.

Nah ini yang perlu kamu highlight dengan modal awal yang ingin kalian investasikan. Beberapa sekuritas terkenal di kalangan investor ritel seperti Mirae Asset, Indopremier, atau Mandiri Sekuritas memiliki ketentuan deposit yang berbeda-beda. Nah untuk masalah ini silahkan kamu riset sendiri, kamu bisa juga tanyakan ke contact person setiap brokernya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan