Cegah Kemacetan, Polisi Berlakukan Car Free Night di Jalur Puncak Bogor

BOGOR – Petugas kepolisian melakukan penutupan arus menuju kawasan Puncak di exit tol Gadog, Kabupaten Bogor, Sabtu (31/12). Dir Regident Korlantas Polri Brigjen. Pol. Yusri Yunus didampingi Kasat Lantas Polres Bogor AKP Dikcy Anggi menyatakan, penutupan dalam rangka Car Free Night (CFN) dimulai pada 31 Desember 2022 hingga 1 Januari 2023 dari pukul 6 sore sampai 6 pagi.

“Penutupan ini dilakukan untuk mengurangi arus kendaraan yang menuju ke Puncak, agar tidak mengalami stack volume kendaraan, mengingat, malam pergantian tahun baru di kawasan puncak ada titik kumpul baik pengunjung maupun masyarakat sekitar,” kata Dir Regident Korlantas Polri Brigjen. Pol. Yusri Yunus kepada media.

Pada Car Free Night, kendaraan roda yang melintas melewati tol Jagorawi akan diarahkan untuk menuju tol Bogor-Ciawi-Sukabumi (Bocimi).

Untuk, pengecualian kendaraan roda dua, pihaknya akan melakukan koordinasi dengan petugas kepolisian yang berjaga pada titik jalur puncak bagian atas.

“Kita koordinasi dengan petugas, roda empat dialihkan, roda dua melihat situasional yang ada. Kami akan sortir betul mana warga sekitar, mana pengunjung. Nanti jam 10 maksimal tidak ada yang naik ke atas tanpa pengecuali, karena di atas pasti sudah penuh,” tambahnya.

 

Selepas perayaan tahun baru, Satlantas akan memberlakukan sistem one way arah bawah menuju Jakarta.

“Selepas tahun baru kita buatkan satu arah dari atas ke bawah. Kita siapkan 350 personel sampe jam 6 pagi, sekiranya jam 12 setelah pergantian tahun, dari atas akan kita dorong untuk masuk ke bawah,” lanjutnya.

Brigjen. Pol. Yusri Yunus  mengimbau kepada masyarakat untuk tetap menjaga keselamatn jangan bereuforia dalam cuaca ekstrem ini, karena ada empat titik yang rawan longsor.

“Dengan cuaca sekarang yang ekstrem, kami meminta pengunjung atau masyarakat untuk tetap berhati-hati,” imbaunya.

Sebelumnya, Kabid Humas Polda Jabar Kombes Pol Ibrahim Tompo menjelaskan, titik yang menjadi perhatian petugas adalah Puncak Bogor. “Kami melakukan skema pengaturan lalu lintas untuk mencegah kemacetan panjang,’’ tandasnya. (sfr)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan