Bukan Lewat Orang Dalam, Begini Caranya Lolos CPNS Lewat Jalur Khusus

JABAR EKSPRES — Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Republik Indonesia (PANRB) akan mengadakan seleksi CPNS dan PPPK di tahun 2023 nanti. Kabarnya, selain jalur umum (dengan mendaftar seperti biasa), ada juga jalur khusus untuk lolos CPNS. Bagaimanakah caranya?

Setiap tahunnya pembukaan pendaftaran CPNS selalu ramai dan menjadi perhatian masyarakat Indonesia. Siapa yang tidak ingin menjadi bagian dari Aparatur Sipil Negara tersebut?

Di setiap tahunnya, CPNS selalu menyediakan beragam formasi yang bisa kita lamar.

Untuk mendaftar, kamu harus memperhatikan persyaratan daftarnya dan juga dokumen yang harus kamu siapkan.

Dokumen-dokumen tersebut di antaranya ialah

  1. Scan surat lamaran, ukuran maksimal 300 kb dan KTP maksimal 200 kb.
  2. Scan dokumen pendukung lainnya sesuai yang diminta, dengan ukuran maksimal 800 kb.
  3. Scan transkrip nilai, ukuran maksimal 500 kb.
  4. Scan swafoto maksimal ukuran 200 kb dan scan pas foto latar belakang merah, dengan ukuran maksimal 200 kb, setor dalam format JPEG atau JPG.

Untuk pendaftaran CPNS 2023, para fresh graduate bisa memanfaatkannya untuk lolos sebagai abdi negara tanpa persyaratan pengalaman kerja.

Kemudahan tersebut tidak hanya bagi para fresh graduate saja, tetapi juga beberapa golongan yang mendapatkan keuntungan khusus dengan jalur tersebut.

Banyak yang berpikiran bahwa jalur khusus tersebut maksudnya ialah menggunakan orang dalam (nepotisme). Namun, jangan salah paham dan simak yang merupakan jalur khusus itu apa.

Berikut 4 jalur khusus dalam perekrutan CPNS 2023.

  1. Jalur formasi untuk lulusan terbaik (cumlaude).
  2. Formasi bagi putra atau putri Papua dan Papua Barat
  3. Formasi bagi penyandang disabilitas.
  4. Formasi bagi diaspora.

Jadi, tidak ada jalur orang dalam atau kecurangan lainnya dalam proses seleksi CPNS ini. Karena, pelaksanaan seleksi CPNS ini haruslah menghadirkan ASN yang unggul dan berintegritas.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan