CPNS 2023 akan Dibuka untuk Lulusan SMA dan S1, Ini Dokumen yang Harus Disiapkan

JABAR EKSPRES — Asisten Deputi Perancangan Jabatan telah mengonfirmasi bahwa pemerintah akan membuka Pendaftaran CPNS untuk lulusan SMA dan S1 di tahun 2023. Dalam artikel ini kamu akan menemukan syarat untuk daftar CPNS 2023.

Proyeksi CPNS dan PPPK 2023 pada tahun depan, akan tersedia sebanyak 424.843 formasi instansi daerah dan 93.195 formasi instansi pusat. Di tahun 2023 juga formasi guru, tenaga kesehatan, dan tenaga teknis lainnya tetap menjadi prioritas dalam rekrutmen ASN untuk PPPK.

Namun, khusus untuk CPNS, indicator perekrutannya berdasarkan dari jumlah PNS yang pensiun dan pemenuhan SDM untuk mendukung program strategis nasional dengan mempertimbangkan letak geografis dan kemampuan anggaran.

Meskipun belum ada tanggal pasti kapan rekrutmen tersebut akan dibuka, ada baiknya jika kamu menyiapkan dokumen-dokumen persyaratannya dari sekarang.

Dokumen Pendaftaran untuk Lulusan SMA

  1. Scan ijazah, transkrip nilai, serta fotokopi Akta Kelahiran
  2. Scan sertifikat Ijazah Komputer
  3. Fotokopi Identitas, KTP ataupun surat keterangan identitas lain

Dokumen Pendaftaran untuk Lulusan S1

  1. Scan surat lamaran, ukuran maksimal 300kb dan KTP maksimal 200kb.
  2. Scan dokumen pendukung lainnya sesuai yang diminta, dengan ukuran maksimal 800 kb
  3. Scan transkrip nilai, ukuran maksimal 500kb
  4. Scan swafoto maksimal ukuran 200kb dan scan pas foto latar belakang merah, dengan ukuran maksimal 200kb, setor dalam format JPEG atau JPG.

Nantinya seluruh berkas Pendaftaran CPNS 2023 akan melalui proses validasi data untuk mengantisipasi terjadinya data error di sistem.

Makanya jauh-jauh hari bagi yang berminat sebaiknya lakukan persiapan dokumen agar nanti setelah tiba pendaftaran kamu bisa langsung mendaftar.

Sementara itu, untuk pendaftarannya bisa kamu akses di link SSCASN yang masih sama seperti pada tahun-tahun sebelumnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan