Cara Klaim Bonus Saldo BPJS Ketenagakerjaan

JABAR EKSPRES – Cara cari tahu bonus saldo BPJS Ketenagakerjaan merupakan manfaat dari program jaminan sosial yang bentuknya berupa uang tunai. Besaran saldo atau nilai manfaat yang nantinya diperoleh, sebesar jumlah akumulasi semua iuran yang sudah dibayarkan ditambah hasil pengembangan iuran itu.

Program ini memang digadang untuk memberikan jaminan di hari tua, tapi tidak ada salahnya kamu merencanakan dana hari tua dari sekarang. Tentunya, nilai manfaat tersebut bisa menjadi bekal untuk kehidupan di masa tua. Tapi sebaiknya, Anda senantiasa mengatur keuangannya dengan bijak.

Kamu bisa cek saldo bpjs via situs resmi  Ketenagakerjaan yaitu mengunjungi  https://sso.bpjsketenagakerjaan.go.id/. Dan pilih menu “Lihat Saldo JHT”, kemudian saldo BPJS Ketenagakerjaan akan ditampilkan di layar.

Selain melalui situs resmi atau secara manual, kamu bisa klaim saldo juga bisa lewat Aplikasi Jamsostek Mobile (JMO).

  • Login pada Aplikasi JMO
  • Verifikasi Data Peserta yang meliputi verifikasi biometrik wajah.
  • Mengisi Data berupa data kontak, nomor ponsel dan alamat email, serta data NPWP dan rekening bank.
  • Konfirmasi Pengisian Data
  • Pilih Menu “Jaminan Hari Tua” selanjutnya, pilih alasan mengajukan klaim.
  • Pilih “Konfirmasi” untuk Pengajuan Klaim BPJS Ketenagakerjaan

Dan bisa juga klaim via SMS. Cara berikutnya untuk cek saldo ini juga bisa dilakukan lewat SMS. Langkah-langkah yang perlu dilakukan, sebagai berikut:

  • Melakukan Registrasi dengan Mengirim SMS

Caranya, kirim SMS dengan format: Daftar (spasi) SALDO#NO_KTP#TGL_LAHIR(DD-MM-YYYY)#NO_PESERTA#EMAIL(bila ada), kemudian kirim ke 2757.

  • Kirim SMS Kembali Setelah Terdaftar

Setelah terdaftar, selanjutnya kirim SMS kembali. Formatnya, SALDO (spasi) nomor peserta, selanjutnya kirim ke 2757.

  • Lalu, Anda akan memperoleh balasan SMS mengenai saldo BPJS Ketenagakerjaan dan kamu bisa klaim saldo tersebut yang akan langsung masuk ke rekening kamu.

Nah, itulah cara yang bisa kamu lakukan untuk mengklaim saldo BPJS Ketenagakerjaan. Saat ini, kamu bisa dengan mudah melakukan melakukan pengklaiman saldo tersebut. Mulai dengan cara online, manual, aplikasi, ataupun via SMS.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan