Dengan Sekali Tekan Tombol ini, Jajaran Polresta Bogor Siap Lakukan Pertolongan Cepat

BOGOR – Polresta Bogor Kota terus memperkuat pelayanan publik dalam menindak lanjut aduan masyarakat melalui inovasi digital berupa panic button pada aplikasi TRUST yang berisi panggilan darurat (SOS).

Tak hanya itu, tombol panic button yang diklaim sebagai tombol sistem pertolongan cepat (SPC) tersebut juga dihadirkan pada sejumlah objek vital disejumlah tempat. Seperti, Balai Kota Bogor, Rumah Dinas Wali Kota, bank dan sejumlah pusat perbelanjaan.

Tombol panic button itu terhubung dengan command center Polresta Bogor Kota yang  saat ditekan akan membunyikan alarm di command center, sehingga dapat langsung direspon oleh petugas untuk melakukan tindakan ke lokasi kejadian.

Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro menuturkan, inovasi yang diluncurkan pihaknya itu bisa disebut inovasi pamungkas yang diprakarsainya selama menjabat sebagai Kapolresta Bogor Kota.

“Ini suatu inovasi yang kembali kami persembahkan, kalau saya catat ini merupakan inovasi ke-69 yang digulirkan Polresta Bogor. Ini juga mungkin menjadi akhir inovasi saya selama di Kota Bogor,” ungkapnya kepada wartawan saat di Mapolresta Bogor Kota pada Sabtu, 24 Desember 2022 malam.

“Karena saya mungkin tidak lama lagi pindah tugas, dan tentunya semua karya saya ini adalah persembahan kami semua 1.050 anggota,” imbuhnya saat meluncurkan tombol panic button SPC.

Dia menyebut, Polresta Bogor Kota terus berupaya meningkatkan pelayanan publik agar dapat merespon lebih cepat semua laporan masyarakat. Karenanya, ia merasa perlu untuk membuat sistem panic button atau tombol SPC itu.

“Pada prinsipnya kami terus memperbaharui wajah Polresta Bogor Kota dan  Alhamdulillah selama dua tahun kemarin menjadi kebanggaan warga Kota Bogor, penghargaan dari Ombudsman, Kemenpan, bahkan kemarin 10 Polres terbaik di Indonesia dari Kompolnas,” bangganya.

Dirinya menambahkan, handirnya tombol SPC dipilih sesuai dengan motto Polresta Bogor Kota, yakni menolong sebagai hobi.

“Kami di sini punya motto menjadikan menolong sebagai hobi, sehingga ini kami pilih namanya tombol sistem pertolongan cepat,” sebutnya.

Sementara itu Kasatlantas Polresta Bogor Kota Kompol Galih Apria mengaku, tombol SPC merupakan salah satu fitur unggulan aplikasi TRUST yang diprakarsai oleh Kapolresta Bogor Kota Kombes Pol Susatyo Purnomo Condro.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan