BRI Raih Penghargaan Indonesia Most Trusted Companies 2022 dengan Penilain Terbaik

JAKARTAPT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk atau BRI kembali meraih penghargaan dalam penerapan prinsip Good Corporate Governance (GCG).

Penghargaan yang didapatkan BRI kali ini diberikan oleh majalah SWA The Indonesian Institute for Corporate Governance (IICG) sebagai penyelenggara.

BRI berhasil meraih penghargaan ‘Most Trusted Companies’ dalam acara Indonesia Most Trusted Companies Award 2022.

Penghargaan ini juga didapatkan berdasarkan hasil pemeringkatan Corporate Governance Perception Index (CGPI) 2022.

BMUM milik pemerintah itu berhasil meraih score 95,18 yang menunjukkan peringkat tertinggi di kategori “Sangat Terpercaya”.

Untuk diketahui, CGPI merupakan pemeringkatan praktik Good Corporate Governance (CGC) di perusahaan yang dilakukan sejak 2001.

Penilaian menggunakan pendekatan tematik dalam menyesuaikan perkembangan bisnis dengan melibatkan emiten, BUMN, BUMD, perbankan, perbankan syariah dan Industri Keuangan Non Bank (IKNB).

Direktur Kepatuhan BRI Ahmad Solichin Lutfiyanto mengatakan, pencapaian ini menjadi bukti BRI dalam menjalankan penerapan tata kelola perusahaan yang baik, bagi stakeholders maupun Insan BRILian.

“Ini merupakan bukti ketepatan strategic response yang diimplementasikan dengan kerja keras dan sungguh-sungguh oleh BRI,’’ kata dia.

Komitmen BRI ini, tercermin dalam setiap kegiatan usaha yang sesuai dengan visi perseroan sebagai “The Most Valuable Banking Group in Southeast Asia & Champion of Financial Inclusion”.

Penerapan GCG akan terus ditingkatkan di seluruh level pekerja BRI. Sehingga akan mengoptimalkan cara kerja yang efisien.

Sebagai informasi, Indonesia Most Trusted Companies Award 2022 merupakan bentuk pengakuan, penghargaan serta apresiasi kepada perusahaan-perusahaan yang berkomitmen dan konsisten menerapkan GCG secara berkelanjutan.

Adapun aspek yang dinilai meliputi compliance, di mana perusahaan harus memenuhi kepatuhan terhadap berbagai peraturan perundang-undangan dan melakukan pengendalian manajemen.

Selain itu, perusahaan juga memiliki keselarasan terhadap norma, etika dan tata nilai untuk mewujudkan pencapaian kinerja perusahaan.

Untuk penilaian dilakukan dengan analisis dengan metode pengisian kuesioner (self assessment) dan penilaian dokumen perusahaan.

Selanjutnya adalah tahapan observasi dengan metode paparan eksekutif dan diskusi aktif antara tim penilai dengan Organ Perusahaan.

Aspek penilaian pada CGPI 2021 sendiri mencakup struktur tata kelola (governance structure), proses tata kelola (governance process), dan hasil tata kelola (governance outcome).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan