Diprediksi 1,3 Juta Wisatawan Bakal Kunjungi Objek Wisata di Jabar, Polda Persiapkan Hal Ini!!

Jabarekspres.com – Pada liburan Natal 2022 dan Tahun Baru 2023, Polisi Daerah Jawa Barat (Polda Jabar) memprediksi kunjungan wisatawan ke sejumlah objek wisata di Jawa Barat bakal membeludak.

Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Suntana mengungkapkan, pada libur Nataru saat ini Jawa Barat diprediksi akan diserbu oleh sekitar 1,3 juta wisatawan yang berkunjung ke sejumlah titik wisata.

”Kemarin disampaikan dari PHRI, kemungkinan masyarakat yang akan datang untuk berwisata di Jawa Barat mencapai 1,3 juta orang,” kata Suntana saat ditemui di Padalarang, Kamis (22/12/2022).

Para wisatawan diperkirakan bakal mulai masuk ke kawasan wisata mulai 23 Desember 2022 besok. Untuk itu kepolisian menyiapkan beberapa Pos Pantau Nataru di jalur dan kawasan wisata.

Baik wisatawan domestik ataupun luar negeri diperkirakan akan menyerbu sejumlah titik wisata di Jawa Barat seperti kawasan Puncak, kawasan wisata Pangandaran dan beberapa daerah kawasan wisata lainnya.

”Termasuk Lembang dan Subang yang memang menjadi langganan wisatawan juga untuk berlibur,” jelas Suntana.

Kendati diperkirakan akan ada kunjungan wisata ini sampai 1,3 juta orang, pihak kepolisian tetap mengimbau agar pengelola wisata memperhatikan carrying capacity dengan membatasi kepadatan kunjungan di area objek wisata.

”Kita instruksikan juga ke (pengelola) wisata tidak menerima pengunjung melebihi kapasitas di lokasi wisata, apalagi sekarang sudah dibebaskan juga. Buat semuanya nyaman dan tidak berdesakan,” beber Suntana.

Arus lalu lintas menjadi konsentrasi polisi, selama libur Nataru untuk melakukan berbagai rekayasa, salah satunya menyiapkan kantung-kantung parkir di sepanjang jalur wisata.

Demi mengurai kepadatan, hal itu dilakukan, karena kendaraan wisata yang diperkirakan akan memadati di dalam satu kawasan wisata.

”Tentu akan ada potensi kemacetan lalulintas, keterlambatan sampai ke tujuan, dan padat di kawasan wisata. Kita sudah perintahkan jajaran Polres dan Polsek mengantisipasi itu, salah satunya menyiapkan kantong parkir,” pungkasnya. (mg1)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan