Cair bosku! Terakhir Bansos PKH Bulan Desember 2022

JABAR EKSPRES– Penerimaan bantuan tunai dengan syarat kepada masyarakat melalui skema bantuan atau Bansos PKH bulan desember akan segera disalurkan oleh Kementerian Sosial. Simak cara untuk mengecek bantuan tersebut.

Masyarakat yang menyandang status sebagai keluarga kurang mampu dan terdaftar pada Data Terpadu Kesejahteraan Sosial bisa mendapatkan Bansos PKH tahap akhir di akhir tahun 2022 ini, bantuan dari Kemensos akan kembali turun.

Penerima manfaat Bansos PKH bisa mengakses bantuan tersebut melalui bank yang sudah ditunjuk, seperti Bank BNI, Bank BTN, Bank BRI, dan Bank BTN. Dana bansos dapat dicairkan di akhir bulan ini. Kamu bisa mengecek apakah namanya terdaftar atau tidak sebagai penerima manfaat.

Buka laman website https://cekbansos.kemensos.go.id/

Jika dinyatakan sebagai penerima, pada layar hasil pencarian Penerima Manfaat (PM) akan berubah tampilan. Namun, jika tidak dinyatakan sebagai penerima, maka akan muncul tulisan “Tidak terdapat peserta/PM”

Keuntungan yang akan didapatkan oleh penerima PKH dari pemerintah yang disalurkan  sebagai berikut:

  1. Besaran PKH untuk ibu hamil : Rp3.000.000
  2. Besaran PKH untuk anak usia dini (0 – 6 tahun): Rp3.000.000
  3. Besaran PKH untuk anak Sekolah Dasar (SD): Rp900.000
  4. Besaran PKH untuk anak Sekolah Menengah Pertama (SMP): Rp1.500.000
  5. Besaran PKH untuk anak Sekolah Menengah Atas (SMA): Rp2.000.000
  6. Besaran PKH untuk disabilitas: Rp2.400.000
  7. Besaran PKH untuk lanjut usia: Rp2.400.000

Apabila status pengumuman penerima Bansos PKH tidak muncul karena ada kesalahan yang mungkin terjadi beserta cara menghindarinya adalah:

  1. Pada website tidak muncul tampilan pengisian formulir. Penyebabnya bisa karena browser belum diperbarui atau karena masalah sinyal yang kurang baik. Solusinya, kamu bisa mempebarui browser dan memastikan bahwa sinyal atau WiFi yang digunakan memang stabil.
  2. Data penerima manfaat tidak muncul. Penyebabnya bisa karena pengisian nama penerima manfaat tidak sesuai KTP atau karena kesalahan pengisian kode huruf pada bagian kode captcha. Solusinya, kamu perlu mengecek kembali penulisan nama lengkap dan kode captcha beserta spasinya.

Demikian informasi terkait bansos PKH Cair via link cekbansos.kemensos.go.id, masukkan nama sesuai KTP. Pastikan bahwa koneksi internet yang kamu gunakan cukup stabil, sehingga tidak mengganggu proses pengecekan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan