BNPB Serahkan Satu Unit mobil Dapur Umum Lapangan untuk Pemkab Bandung Barat

Bandung BaratBadan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) memberikan satu unit mobil Dapur Umum Lapangan (Dumlap) pada Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Mobil Dumlap itu diserahkan BNPB sebagai upaya preventif jika suatu waktu terjadi bencana. Sampai, untuk logistik dalam hal ini kebutuhan makanan bagi para pengungsi bisa cepat dibantu.

“Meski begitu, sebelumnya juga kita sudah supplai logistik ke berbagai daerah bencana. Khususnya ke BPBD kabupaten/kota, termasuk provinsi sebelum terjadi bencana,” ucap Direktur Pengelolaan Logistik dan Peralatan BNPB Nadhirah Seha Nur saat ditemui, Selasa 20 Desember 2022.

Nadhirah mengatakan, penyaluran Mobil Dumlap ini didistribusikan ke seluruh Indonesia. Akan tetapi, untuk sekarang baru 10 unit yang dikirim, antara lain Kabupaten Bandung Barat, Bogor, Mandailing Natal, Cianjur serta beberapa kota/kabupaten lainnya. Artinya, satu daerah satu mobil.

“Kelebihan Mobil Dumlap ini yang saya dengar bisa digunakan untuk memasak cepat dibandingkan dengan mobil dapur yang dulu kita beli dengan jenis truk,” ungkapnya

Tidak hanya itu, bentuk mobil yang lebih kecil memungkinkan petugas BPBD untuk menjangkau daerah yang medannya sempit.

“Kedua, dalam satu kali masak bisa menghasilkan sampai 400 porsi. Artinya, kita bisa gunakan Mobil Dumlap saat dalam kondisi darurat,” jelasnya

Terpisah, Kepala Pelaksana (Kalak) BPBD KBB, Duddy Prabowo mengatakan , hari ini pihaknya mendapatkan tambahan armada, yakni kendaraan Mobil Dumlap dari BNPB secara simbolis.

“Mudah-mudahan kendaraan Dumlap ini bisa bermanfaat mengingat kondisi KBB yang rawan terjadi bencana,” ungkapnya

Duddy menyebutkan , berbeda dengan kendaraan dapur umum lainnya, Mobil Dumlap ini dirancang tidak terlalu besar, sampai bisa mempermudah untuk masuk ke desa-desa yang aksesibilitas jalannya relatif kecil.

“Dengan hadirnya Mobil Dumlap ini memudahkan operasional kita saat terjadi bencana,” jelasnya

Kemudian, sambung dia, mengenai dengan operator atau petugas yang khusus bertugas di Mobil Dumlap.

Duddy menyebut, pihaknya akan menyiapkan petugas dari BPBD KBB, Dinas Sosial (Dinsos) serta dari dapur umum juga.

“Nanti kita bisa saling berkolaborasi dengan teman-teman yang sudah terlatih dan tentunya bakal mendorong personel BPBD untuk mengikuti pelatihan memasak, serta cara mengoperasikan Mobil Dumlap,” tuturnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan