Kapasitas Daya Tampung Masjid Raya Al Jabbar 33 Ribu Jemaah

BANDUNG – Dalam waktu dekat masyarakat warga Jawa Barat akan memiliki destinasi wisata religi Masjid Raya Al Jabbar yang terletak di Kecamatan Gedebage, Kota Bandung akan segera di resmikan oleh Pemerintah Provinsi Jawa Barat (Pemprov Jabar) pada akhir Desember 2022 nanti.

Proyek yang memiliki luas bangunan sekitar 25,997 hektare, Sekertaris Dinas Bina Marga dan Penataan Ruang (DBMPR) Jabar, Iwan Suwanagiri mengungkapkan bahwa Mesjid Raya Al – Jabbar nantinya dapat menampung hingga 33 ribu orang

“Total kapasitas Masjid ini bisa tampung 33 ribu orang. Itu sudah dari semua fasilitas yang tersedia nantinya,” ucapnya saat ditemui di acara  Gaspol PWI Gedung Sate, dengan tema “Mahakarya Masjid Al-Jabbar Karya Religi dan Wisata Halal” di Jl. Asia Afrika, Kota Bandung, Selasa (20/12).

Selain dapat menampung hingga puluhan ribu orang, Iwan juga menjelaskan Masjid Al – Jabbar juga menyediakan beberapa fasilitas seperti selasar (lorong), plaza, ruang solat mezanine dan ruang salat utama.

“Total kapasitas untuk di selasar sendiri bisa mencapai 3.627 orang. Sedangkan untuk plaza bisa mencapai 16.363 orang. Jika digabungkan dengan tempat salat utama dan mezanine bisa mencapai 33 ribu,” ujarnya

Bahkan di Masjid Al – Jabbar juga, Iwan menuturkan bahwa terdapat museum hingga taman yang bisa dijadikan tempat wisata religi bagi masyarakat..

“Di dalamnya nanti akan ada beberapa taman dan ada museum, termasuk danaunya,” pungkasnya

Sebelumnya, Gubenur Jabar Ridwan Kamil mengungkapkan, bahwa proyek yang memakan anggaran hingga Rp 1 triliun ini telah ditargetkan rampung pada akhir Desember 2022 nanti.

“Target akhir bulan diresmikan, sekitar 18 hari lagi, mudah-mudahan (selesai),” kata Emil Sapaan Akbarnya saat ditemui di Gedung Sate, Kota Bandung, Senin (12/12) lalu. (san/yan).

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan