Jika Anak Deman Atau Batuk Pilek, Jangan Panik!

JABAREKSPRES – Jika anak mengalami demam atau pun batuk pilek, sebagai orang tua janganlah panik , hal tersebut merupakan bagian dari proses tumbuh kembang sang anak.

Berikut merupakan penjelasan dari Dokter Spesialis Anak RSIA Binamedika Dr. Fransisca Handy Sp.A.

“Anak memang sering sakit ya. Jadi sakit itu harus ditangani sebagai bagian dari tumbuh kembang balita,” kata Dr. Fransisca.

 

“Mana ada balita yang tidak pernah batuk pilek? Anak presiden sekalipun pasti pernah batuk pilek,” ucap Dokter Spesialis Anak RSIA Binamedika Dr. Fransisca Handy Sp.A.

 

Jadi sebagai orang tua diharapkan ketika mengetahui anak mengalami demam atau batuk pilek jangan panik yang berlebihan karena hal tersebut bisa terjadi beberapa kali dalam satu tahun.

 

“Anak-anak itu sejak usia 6 bulan, sampai nanti dia 6 tahun kurang lebih, dalam setahun itu bisa batuk pilek dan demam 6 sampai 8 kali” ujarnya.

 

“Setiap episodenya itu bisa sampai 2 minggu. Bayangin setiap sakit harus ke rumah sakit? Kasihan hati sama ginjalnya,” sambungnya.

 

Oleh karena itu, sebaiknya orang tua dapat mempelajari langkah pertolongan pertama yang dapat dilakukan dan agar dapat mengetahui tanda bahaya apabila anak sakit.

Langkah pertolongan yang dapat orang tua lakukan, misalnya ketika berada dirumah, sebaiknya orang tua memberikan rasa nyaman pada anak, hingga cukupi cairan anak.

 

“Jadi mama papa penting sekali untuk belajar common problems pada anak-anak. Pelajari nomor satu pertolongan pertama, yang kedua tanda bahaya,” ucap Dr. Fransisca Handy Sp.A.

 

Pertolongan pertama yang perlu dilakukan orang tua saat anak mereka mengalami demam atau batuk pilek, lanjut dokter Fransisca, yaitu membuat anak mereka merasa nyaman.

 

“Yang bisa kita lakukan di rumah itu menyamankan. Apa saja yang bisa bikin nyaman? Nomor satu banyak cairan, banyak minum. Kalau masih asi tentu asi. Kalau sudah mulai makan, boleh dikasih kuah sayur, air kelapa, air putih dan lain-lain,” ujar Dr. Fransisca Handy Sp.A.

 

Jika anak mengalami demam atau batuk pilek, Dr. Fransisca Handy Sp.A mengimbau agar orang tua membantu menyamankan saluran pernafasan anak yang megalami demam atau batuk pilek. Dengan  tidak menyalakan AC secara terus menerus.

Tinggalkan Balasan