Tingkatkan Layanan Publik, Pemkab Bandung Barat Gelorakan GNRM

BANDUNG BARAT – Untuk meningkatkan mutu pelayanan publik, Pemkab Bandung Barat akan menggalakkan Gerakan Nasional Revolusi Mental (GNRM).

Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol) KBB, Suryaman Effendi mengatakan revolusi mental merupakan hal mutlak yang harus dilakukan para Aparatur Sipil Negara (ASN) sebagai abdi negara untuk menghadirkan layanan publik yang bermutu dan akuntabel.

 

“Itu sebagai tindak lanjut dari Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 12 tahun 2016 tentang Gerakan Nasional Revolusi Mental, KBB membentuk Satgas GNRM, dan rencananya itu nanti tanggal 28 Desember 2022,” jelas Suryaman, Kamis (15/12/2022).

 

Suryaman juga menyebutkan, pemerintah menebarkan Gerakan Nasional Revolusi Mental merupakan salah satu solusi untuk dapat meningkatkan mutu pelayanan publik.

 

Setiap individu ASN,  kata Suryaman, memegang peranan penting dalam mewujudkan pelayanan publik yang bermutu dan akuntabel.

 

“ASN sebagai bagian dari sistem yang terlibat di pemerintahan, akan mempunyai peran masing-masing dalam mewujudkan revolusi mental di bidang pelayanan publik,” jelasnya.

 

Walaupun demikian, pembentukan GNRM ini baru bisa direalisasikan sekarang. Suryaman berharap gerakan tersebut bisa menjadi sebuah solusi dan memberikan manfaat bagi masyarakat.

 

“Tidak ada kata terlambat. Karena gerakan ini, bisa memberikan dampak positif terhadap kehidupan bangsa dan negara,” jelasnya.

 

Pemda Bandung Barat, membentuk Satgas GNRM Tingkat KBB melalui Surat Keputusan (SK) Bupati nomor 188.45/ Kep.384-Bakesbangpol 2021.

 

Pembentukan Satgas GNRM ini, berjenjang mulai tingkat KBB dengan melibatkan seluruh Organisasi Perangkat Daerah (OPD), tingkat kecamatan hingga tingkat desa.

 

“Gerakan ini, harus ditindaklanjuti oleh tingkat kecamatan dan desa, sebagai bentuk gerakan masiv, untuk meningkatkan etos kerja dan memberikan manfaat bagi masyarakat,” jelasnya

 

Suryaman juga menjelaskan, keterlibatan para OPD dalam Satgas GNRM ini untuk mempercepat program pembangunan. Karena di dalam Satgas GNRM cukup lengkap dengan aksinya mulai Gerakan Bandung Barat Melayani, Bersih, Bandung Barat  Tertib, Bandung Barat Bersatu dan Gerakan Bandung Barat Mandiri.

 

“Semua gerakan itu, berada di bawah naungan koordinator masing-masing OPD. Terus dibantu oleh komponen masyarakat lainnya, termasuk peranan pers,” ucapnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan