Google Search Terpopuler di Tahun 2022, Ada 9 Kategori

JABAR EKSPRES – Pada ajang Year In Search 2022, Google merilis kata kunci apa saja yang paling banyak dicari oleh masyarakat Indonesia sepanjang tahun 2022.

Terdapat sembilan kategori pencarian yang masuk ke tren penelusuran.

Yakni Apa, Mengapa, Tokoh, Lirik Lagu, Resep, Film/Serial TV, Peristiwa Nasional, Olahraga dan tren keseluruhan.

“Year In Search 2022 menggambarkan topik apa saja yang trending di Indonesia sepanjang tahun ini dan mengalami peningkatan dalam periode yang berkelanjutan sepanjang tahun dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Daftar Year In Search 2022 ini tidak disusun berdasarkan tingkat popularitas penelusuran.” Kata Google yang di tulis dalam rilis resminya.

“Tahun ini pun tak lepas dari rasa duka akan beberapa musibah yang melanda dari tragedi ‘Kanjuruhan’, ‘Eril ditemukan’ hingga ‘gempa’ dahsyat yang menelan banyak korban”. Keterangan Google.

Terlepas dari itu semua, masyarakat Indonesia menjadi lebih bersatu dari sebelumnya.

Hal ini dapat dilihat dari banyaknya pencarian mengenai “G20” yang tentu membanggakan karena Indonesia menjadi tuan rumah dan memberi banyak dampak positif kepada masyarakat.

Lalu ada juga pencarian terkait kreativitas unik anak bangsa di antaranya termasuk “Citayam Fashion Week” dan “Apa itu Cepmek”.

Dalam kategori Tokoh, masyarakat Indonesia mencari lebih banyak sosok yang memberikan inspirasi dan sederhana dalam keseharian mereka seperti “Bunda Corla”,“Grace Tahir” dan “Kak Jill”.

Memasuki hiburan masyrakat Indonesia menyukai kisah nyata dan juga mengandung unsur kelokalan. Sebut saja untuk kategori Film/Serial TV paling populer dicari adalah “KKN di Desa Penari” dan “Miracle in Cell no. 7”.

Berbeda dari tahun sebelumnya, tahun ini kategori Musik fokus dari pencarian seputar lirik lagu.

Dari “Lirik lagu Ojo Dibandingke” hingga “Lirik lagu Hati – hati di Jalan” dari Tulus.

Pencarian seputar musik pun kian diwarnai oleh musisi dan genre lokal.

Tidak hanya nasional, kreativitas musisi Indonesia juga berhasil menjadi daya tarik di kancah global.

Sebanyak 3 dari 10 lagu asal Indonesia rupanya masuk ke pencarian terpopuler Google global untuk kategori lagu.

Karya itu adalah “Joko Tingkir” oleh Farel Prayoga, “Tak Ingin Usai” oleh Keisya Levronka, dan “Satru 2” oleh Denny Caknan dan Happy Asmara.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan