Sebaik-Baik Manusia Adalah Manusia Yang Baik Budi Pekertinya. Baca Selengkapnya !

Tumbuhan saja begitu banyak manfaat untuk semua makhluk Allah, lalu kita ciptaan Allah yang sempurna ini tidak bisa memberikan manfaat bagi makhluk Allah juga?. Marilah kita perbanyak kebaikan kebaikan kita, untuk memberikan manfaat terhadap makhluk Allah.

Banyak cara untuk menjadi orang yang bermanfaat, diantaranya ada beberapa hal mudah yang bisa menjadikan kita menjadi orang yang bermanfaat yaitu;

Pertama, kemauan untuk bisa memeberikan manfaat kepada orang lain. Kuncinya adalah kemauan, kemauan kita untuk bisa memberikan manfaat kepada orang lain. Seperti memberikan manfaat dengan harta, ilmu dan tenaga yang bisa kita berikan untuk orang lain sehingga dapat memberikan manfaat untuk mereka.

Kedua , take action now (lakukan sekarang), apa yang bisa kita lakukan sekarang unutuk memberikan manfaat kepada orang lain?, Bisa dengan cara memposting hal hal baik seperti sharing tentang pengetahuan agama, karena dapat kita lihat sekarang banyak orang-orang yang mengupdate status yang tidak penting yang isinya hanya keluhan dan caci maki. Maka lihatlah disekililingbkita adakah yang bisa kita bantu, adakah yang bisa kita lakukan untuk memperbaiki lingkungan sekitar kita. Akan banyak manfaat yang kita berikan ketika kita mengetahui apa yang bisa kita lakukan.

Ketiga jadikan hal memeberikan manfaat itu menjadi gaya hidup kita atau habbit (kebiasaan), jika memeberikan manfaat kepada orang sudah menjadi kebiasaan kita, maka kita sudah mulai menjadi pribadi yang bermanfaat. Banyak yang hanya melakukan hal itu cuma sebatas kemauan, melakukan hanya sekedar melakukan tapi belum menjadi kepribadian, kebiasaan. Sebuah tindakan akan menjadi akhlak pada saat kita melakukannya dengan biasa tanpa harus memikirkannya terlebih dahulu.

Keempat raihlah manfaat untuk diri kita juga, jangan sampai kita memberikan manfaat kepada banyak orang, tetapi lupa tidak memberikan manfaat untuk diri kita sendiri. Bagaimana cara agar kita juga mendapat manfaat yang kita berikan, yaitu dengan cara kita harus ikhlas. Ikhlas adalah kunci diterimanya amal. Dan hanya amal yang baik, amal Sholeh yang diterima Allah yang kan memeberikan manfaat kepada kita dunia dan akhirat.

Tinggalkan Balasan