Sebaik-Baik Manusia Adalah Manusia Yang Baik Budi Pekertinya. Baca Selengkapnya !

JABAR EKSPRES- Di dalam hidup ini, kita tak perlu berupaya untuk menjadi seseorang yang disegani, apalagi ditakuti. Tetapi jadilah seseorang yang berguna bagi siapa pun di sekeliling diri kita. Kita wujudkan jiwa kepemimpinan dalam diri kita, agar diri kita bisa menjadi seseorang yang menginspirasi orang lain.

Mengapa Harus Menjadi Pribadi Yang Bermanfaat? Sebelum lanjut ke pembahasan, kami sarankan untuk membaca artikel motivasi lainya yang ada disini 

Karena menjadi pribadi yang rmanfaat adalah salah satu karakter yang dimiliki oleh seorang muslim. Seorang muslim  diperintahkan untuk senantiasa dan memberikan manfaat bagi orang lain, bukan hanya mencari manfaat dari orang atau memanfaatkan orang lain.

Selain itu dampak dari kita memberikan manfaat kepada orang lain, semuanya akan kembali untuk kebaikan diri kita sendiri . Sebagaimana firman Allah: “Jika kalian berbuat baik sesungguhnya kalian berbuat baik bagi dir kalian sendiri (Q.s Al-isra:17).

Pemimpin yang baik juga bermanfaat bagi bawahannya, sebagaimana penguasa yang adil dan bermanfaat bagi rakyatnya. Bahkan bisa membuat orang lain gembira Juga termasuk amalan bermanfaat yang dicintai Allah. Sudah menjadi hal yang biasa ketika banyak orang kaya yang lebih senang naik haji berulang kali dari pada membantu kaum dhuafa, orang orang yang membutuhkan uluran tangan. Banyak juga orang kaya yang membangun mesjid mewah, sedangkan disekelilingnya masih banyak kaum fakir miskin yang membutuhkan bantuan. Padahal Allah tidak butuh disembah dengan indahnya mesjid ataupun ibadah haji yang terus dilakukan berulang-ulang.

Namun mengapa kita tidak berfikir untuk beramal shaleh dengan memeberi manfaat pada semua orang yang berinteraksi dengan diri kita, atau berbuat baik kepada sesama makhluk Allah, yang lebih kita prioritaskan dalam situasi dan kondisi tertentu daripada sekedar membangun kesalehan spritual pribadi yang tidak banyak berguna atau manfaatnya bagi orang lain.

Kita mengambil dari ciptaan Allah selain manusia yaitu tumbuhan atau pohon. Apakah dia diciptakan hanya untuk memenuhi alam semesta, atau hanya untuk hiasan semata?. Tentu Allah menciptakan tumbuhan tersebut dengan manfaatnya. Apa manfaat pohon diciptakan di dunia ini?, Pasti semua orang tau manfaat tumbuhan untuk dunia dan kehidupan manusia. Ya, mereka memberikan kehidupan, memeberikan oksigen yang membuat kita sebagai manusia bisa bernafas. Bayangkan bila tidak ada Tumbuhan di dunia ini dengan apa kita akan bernafas bagaimana kita bisa hidup.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan