Fitur Baru Instagram, Netizen: Mirip Status BBM Dulu

JABAR EKSPRES — Fitur “Notes” merupakan fitur yang baru rilis di platform Instagram. Sebenarnya, Notes ini sudah mulai melakukan pengujian di bulan Juni 2022.

Sama seperti Instagram Stories, fitur ini juga bertujuan untuk pengguna membagikan pemikirannya atau aktivitasnya. Bedanya, fitur  ini hanya tersedia dalam bentuk catatan, tidak menggunakan foto ataupun video.

Dengan menggunakan Notes ini, para pengguna dapat memperbarui mutual mereka hanya dengan teks dan emoji, serta menambahkan format yang berbeda.

Perbedaannya dengan Twitter

Sesuai dengan namanya, Notes ini hanya menyediakan media tulisan saja. Banyak orang yang menyebut kehadiran Notes ini untuk menyaingi platform Twitter.

Namun, kekurangan dari fitur ini ialah hanya bisa membuat tulisan sebanyak 60 karakter saja. Sedangkan di Twitter, kamu bisa menulis sebanyak 280 karakter.

Selain fitur Notes, Instagram juga meluncurkan fitur baru di Stories dan akan memperkenalkan cara baru untuk berbagi dengan grup. Namun, jika membandingkan dengan Notes, mungkin fitur Instagram Notes akan lebih menarik. Hal ini karena Instagram Notes menambahkan cara untuk berkomunikasi dengan orang lain secara publik hanya melalui media tulis.

Meskipun mirip dengan platform Twitter, tapi tampilan dalam Notes ini masih kalah. Jika di platform Twitter, untuk membagikan tulisan tinggal mengklik tanda “Tweet”, sedangkan di Notes, kamu harus membuka bagian Direct Message (DM) di Instagram kamu dahulu.

Untuk membuat Notes, kamu bisa menuliskan catatan yang akan muncul di bagian atas Direct Message, kemudian kamu bisa memilih dengan siapa saja akan membagikan tulisan tersebut. Kamu bisa membagikan tulisan yang kamu buat di Notes dengan mutual atau dengan orang-orang yang masuk di daftar “Teman Dekat”.

Notes tersebut akan muncul di bagian atas kotak masuk teman selama 24 jam. Kemudian, jika ada yang membalas Notesmu, balasan tersebut akan muncul sebagai Direct Message.

Ada beragam respons yang muncul mengenai munculnya Notes ini. Banyak komentar para netizen mengenai fitur baru Instagram ini. Ada yang berkomentar positif dan negatif. Jika membandingkan respons netizen Indonesia dan netizen luar negeri, responsnya sangat berbeda.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan