Cara Seting Sinyal TV Digital Set Top Box Lengkap!

Jabarekspres – Perlu diketahui, bahwa Set Top Box bisa memindai saluran TV digital secara otomatis dan manual. Hal ini bisa Anda lakukan di rumah saat ingin mencari saluran TV digital tanpa menghapus saluran yang sudah tersedia.

Pemerintah Indonesia lewat Kementerian Komunikasi dan Informatika telah resmi ‘menyuntik mati’ siaran TV analog, khususnya di area Jabodetabek, sejak Rabu (2/11/2022) pukul 24.00 WIB. Ini semua demi memasifkan penggunaan TV digital di seluruh wilayah Indonesia.

1. Instal TV tabung atau analog dan pasangkan Set Top Box terlebih dahulu.

2. Nyalakan Tv dan Set Top Box, atur saluran TV menjadi siaran AV.

3. Tekan tombol menu pada remote Set Top Box lalu masuk ke menu pengaturan.

4. Pilih menu Saluran, lalu Pencarian Saluran DTV.

5. Pilih metode pencarian manual pada menu DTV.

6. Silahkan masukkan kode tower pemancar dan parameter nomor MUX. Kode dan Parameter bisa Anda lihat di aplikasi Playstore.

7. Tunggu beberapa menit, setelah itu akan muncul indikator sinyal digital.

8. Putarkan antena hingga mendapatkan kekuatan sinyal terkuat.

9. Pilih menu Start untuk memindai saluran. Tunggu hingga selesai.

10. Saluran digital akan tersimpan otomatis dan bisa disaksikan.

TV digital menjanjikan kualitas gambar yang lebih baik dari TV analog. Ini karena TV digital memiliki bandwidth yang luas, selain itu, TV digital juga didukung dengan format siaran 16:9 sehingga dapat memberikan kualitas gambar yang tinggi. Dengan TV digital, Anda bisa menikmati siaran TV dengan kualitas gambar HD atau High Definition hingga 4K TV.

 

Set top box ini sudah mendukung digital video broadcasting-second generation terrestrial (DVB-T2). Set top box juga tidak memerlukan antena parabola dalam menerima sinyal digital, cukup menggunakan antena televisi biasa yang menangkap gelombang siaran UHF.

Kenapa TV digital tidak ada sinyal?
Biasanya, penyebab TV digital tidak ada sinyal karena kualitas antena yang kurang baik, sehingga tidak maksimal untuk menangkap sinyal siaran.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan