Pemkot Bandung Tambah Puluhan CCTV di Titik Rawan Aksi Kejahatan

BANDUNG – Pemasangan closed circuit television (CCTV) terus digiatkan Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung, kali ini ditambah lagi sebanyak 60 unit guna mencegah aksi kejahatan di titik-titik yang dianggap rawan.

Puluhan CCTV tersebut, rencananya bakal dipasang di sejumlah ruas persimpangan jalan. Dikelola Dinas Perhubungan (Dishub) dan Dinas Komunikasi dan Informasi (Diskominfo), CCTV dipastikan terintegrasi dengan Bandung Command Center.

Kepala Dishub Kota Bandung, Dadang Darmawan mengungkapkan, hingga saat ini Dishub Kota Bandung sudah mengelola sebanyak 300 CCTV yang tersebar di seluruh persimpangan Kota Bandung. CCTV terebut disebar pihaknya di berbagai titik rawan tindak kriminal.

“Kami berupaya untuk memasang di titik-titik yang strategis. Ada juga beberapa permintaan di sejumlah titik yang sering terjadi kecelakaan atau gangguan keamanan dan aksi kejahatan lain,” ungkap Dadang, belum lama ini.

“Termasuk juga penambahan lampu penerangan jalannya,” tambahnya.

Adapun keenam puluh CCTV baru ini akan dipasang sesuai dengan titik persimpangannya. Misal, kata Dadang, pada titik simpang lima, pihaknya menyiapkan lima CCTV.

“Salah satunya di Simpang Lima (Jalan Ahmad Yani dan Asia-Afrika) dan Simpang Lima Jamika. Tentu di titik-titik lain juga,” katanya.

Dia memastikan, sebanyak 60 CCTV tersebut dikelola langsung oleh Dishub. Dimana pemasangannya telah dimulai untuk tahun ini. “Diharapkan dengan adanya CCTV tambahan ini bisa menciptakan kondisi yang nyaman aman di Kota Bandung serta terhindar dari aksi kejahatan,” pungkasnya. (zar)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan