BERKAH AKHIR TAHUN! Pemerintah Gelontorkan “Saldo DANA” dari Rp 600 Ribu hingga Rp 3,5 Juta, Ini Jenis Bantuannya

Jabarekspres.com – Pemerintah kembali menggulirkan bantuan “Saldo DANA” kepada masyarakat di bulan Desember 2022.

Nilai bantuan “Saldo DANA” tersebut mulai dari kisaran Rp 600 ribu hingga Rp 3,5 juta. Apa saja syarat dan ketentuannya? Jangan lupa simak artikel ini hingga selesai ya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun dari berbagai sumber. Kami rangkum 4 jenis bantuan atau kita kenal dengan bantuan langsung tunai (BLT) yang mulai dicairkan di bulan ini untuk menambah “Saldo DANA” kalian. Berikut Daftarnya:

 

  1. BLT BBM

 

Di penghujung akhir tahun ini, pemerintah kembali menggulirkan program BLT BBM. Adapun jumlah “Saldo DANA” yang dicairkan sebesar Rp 600 ribu per penerima manfaat. Jangan lupa kunjungi alamat website  https://cekbansos.kemensos.go.id. Jika belum terdaftar, maka kamu bisa melakukan pendaftaran.

 

  1. BLT Subsidi Upah

 

Nah bantuan ini nilainya sama dengan BBM di atas yakni sebesar Rp 600 ribu per penerima manfaat. Sasarannya diperuntukkan bagi pekerja dengan gaji di bawah Rp 3,5 juta/bulan.

 

Program BLT ini sudah berjalan sejak September lalu. Cek di sini https://kemnaker.go.id/

 

  1. BLT untuk Program Kartu Prakerja

 

Program yang satu ini sudah digulirkan untuk memulihkan kondisi ekonomi pasca dilanda pandemi Covid-19. Pelatihan yang diberikan sasarannya kepada pencari kerja, pekerja/buruh terkenda PHK, atau pengusaha kecil.

 

Total bantuan sebesar Rp 3,5 juta. Angka ini terbagi menjadi Rp 1 juta untuk biaya pelatihan dan insentif sebesar Rp 600 ribu per bulan selama 4 bulan, serta Rp 150 ribu insentif survey kebekerjaan pasca mengikuti pelatihan.

 

Nah bagi kamu yang ingin ikut programnya daftar saja ke website resmi prakerja di www.prakerja.go.id.

 

  1. BLT UMKM

Ini program bantuan langsung tunai dari pemerintah untuk pelaku Usaha Micro Kecil dan Menengah (UMKM).

 

Diperuntukkan kepada 12 juta pelaku usaha, program ini juga merupakan langkah pemerintah dalam menekan dampak kenaikan harga BBM.

 

Besaran bantuannya yakni Rp 600 ribu yang digelontorkan oleh pemerintah. Untuk mengeceknya bisa dilakukan melalui linkeform.bri.co.id dan BNIbanpresbpum.id.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan