Barang Siapa Yang Menanam, Ia Pasti Akan Memetik. Simak Selengkapnya Pada Halaman Berikut Ini.

JABAR EKSPRES- Hidup ini ibarat bercocok tanam, dan dunia ini ibarat ladangnya, maka pilihlah lahan yang tepat dan binih yang baik untuk memberikan hasil tanam yang baik, karena apa yang kita tanam maka itulah yang akan kita tuai.

Lingkungan yang baik, nyaman dan sesuai merupakan lahan yang baik untuk menanam kebaikan dan memberikan karya terbaik untuk kehidupan, sebagai bekal untuk kita menghadap kepada Allah taa’la.

Barangsiapa menanam perbuatan baik, maka yang aka kita dapatkan adalah kebaikan juga, dan jika sebaliknya barangsiapa menanam perbuatan yang buruk maka keburukanlah pula yang akan kita dapatkan.

Perjalanan hidup manusia berliku liku dan penuh dengan cobaan dan tantangan. Apapun yang terjadi pada kita Allah menghendaki kita untuk berusaha memimpin diri dengan baik dan bersikap baik terhadap lingkungan dan bersikap baik pula dalam hal apapun.

Jika kita tidak bisa memimpin diri sendiri dengan baik serat tidak bisa menanam kebaikan maka kita akan menanggung akibatnya sendiri dan menuai keburukan karena apa yang telah kita tanam sebelumnya.

Bisa kita lihat dalam kehidupan keluarga, terdapat orangtua yang menasehati anaknya, namun ternya orang tua tersebut tidak memberikan contoh yang dinasehati terhadap anaknya, bahkan berperangai buruk.

Sangat disayangkan jika hal seperti itu terjadi yang membuat anak mencari jati diri diluar yang belum tentu jujur untuk kebaikan dirinya. Didalam kehidupan keluarga saja sudah bobrok bagaiman bisa menjadi baik menghadapi kehidupan diluar di dalam masyarakat yang luas.

Kebaikan akhlak yang ada pada diri seseorang dikarenakan seorang itu mamapu memimpin dirinya sendiri dengan baik dengan segala kelebihan dan kekurangan yang da pada dirinya. Kebaikan akhlak juga karena seseorang mampu melawan keburukan yang ada pada dirinya. Seperti sabda Rasulullah Saw bahwa “perang paling besar adalah melawan keburukan (hawa nafsu) diri sendiri.

Maka kita harus bisa melawan keburukan yang ada di dalam diri kita, dan senantia menanam kebaikan dimanapun dan kapanpun itu agar apa yang kita tuai nanti kedepannya adalah kebaikan juga.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan