Ada Cirebon Fashion Carnival di Jl Siliwangi, Simak Keseruannya Yuk!

CIREBON – Cirebon Fashion Carnival dilaksanakan pada Sabtu 10 Desember 2022 sebagai rangkaian dari Cirebon Baik Festival (CBF) 2022.

Ada penampilan dari pelaku seni, SKPD Pemda Kota Cirebon, hingga dari pelaku UMKM.

Menariknya, suguhan yang diberikan puluhan penampil mulai dari kreasi busana dari daur ulang hingga batik  di Cirebon Fashion Carnival.

Ada satu orang penampil yang memakai kostum karnaval melewati cat walk di jalanan  sebagai pemimpin masing-masing grup.

Panggung kehormatan berada di depan Balaikota Cirebon dan para peserta akan melakukan karnaval dengan melewati panggung tersebut.

DPRKP merupakan koordinator untuk Cirebon Fashion Carnival. Hal ini disampaikan oleh Ketua Cirebon Batik Festival (CBF), ling Daiman.

Selama penyelenggaraan event tersebut, Jl Siliwangi Kota Cirebon dilakukan buka tutup. Namun untuk beberapa akses seperti rumah sakit dan hotel tetap dibuka.

“Ini merupakan hasil kolaborasi dengan berbagai pihak dan bersyukur karena yang ikut serta dalam Cirebon Batik Festival ini sebanyak 74 tenan, termasuk UMKM di dalamnya,” ungkap Iing.

Terdapat puluhan peserta Cirebon Fashion Carnival, baik dari perbankan, perhotelan, perangkat daerah dan pelaku usaha.

“Selanjutnya ada Jalan Santai Sehati Berbatik. Seluruh peserta akan mengenakan pakaian batik. Kemudian ada juga lomba mewarnai motif batik untuk anak, fotografi, dan videografi,” katanya

Wali Kota Cirebon, Nashrudin Azis saat membuka Cirebon Batik Festival, Jumat (9/12/2022), di Transmart Cirebon, Jalan Cipto Mangunkusumo dan mengatakan, kegiatan ini akan berlangsung selama 9-12 Desember dengan sejumlah rangkaian agenda.

Azis menilai, kegiatan ini merupakan salah satu upaya Pemerintah Daerah (Pemda) Kota Cirebon untuk memajukan UMKM. Di samping mengenalkan dan mengajak masyarakat, terutama anak muda untuk mencintai produk Indonesia.

“Kegiatan ini sangat mulia, karena di dalamnya memiliki tujuan bagaimana UMKM kita sebagai salah satu pilar ekonomi di Indonesia semakin kuat. Kemudian menyampaikan pesan kepada generasi muda untuk mencintai produk nasional, salah satunya batik,” ujarnya.

Menurutnya, dukungan terhadap pelaku UMKM, baik produk batik maupun lainnya, sejalan dengan semangat Presiden RI Joko Widodo yang meminta agar masyarakat Indonesia mencintai produk nasional.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan