Tips Melakukan Camping Saat Musim Hujan

JABAR EKSPRES — Camping merupakan salah satu kegiatan berkemah yang dilakukan di alam terbuka dengan mendirikan tenda dan melakukan kegiatan di alam lainnya. Bagi Anda yang menyukai kegiatan di alam, Anda bisa memilih camping untuk menjadi salah satu kegiatan mengisi liburan mendatang. Namun, karena bulan Desember masih termasuk musim hujan, ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan. Melansir dari wikiHow, berikut merupakan tips camping saat musim hujan.

1. Mempertimbangkan lokasi liburan, ekspedisi, atau perjalanan Anda.

Lokasi, perjalanan, dan ekspedisi Anda sangat penting untuk menjadi bahan pertimbangan. Anda harus mengecek ramalan cuaca di tempat tersebut guna mengantisipasi apakah akan turun hujan baik di malam ataupun siang hari.

2. Membeli tenda yang tepat.

Kedua, Anda harus membeli tenda yang tepat untuk melakukan camping saat musim hujan. Di antaranya ialah, tenda harus memiliki penutup penuh untuk mencegah cipratan air maupun lumpur.

3. Memastikan bagian keliman tenda sudah dijahit dengan benar.

Memastikan keliman ini bertujuan untuk mengantisipasi air yang masuk melalui celah-celah. Pintu masuknya harus membentuk bibir, seperti bak mandi, dan tidak serata sisa bagian alasnya (bathtub floor).

4. Tidak menggali parit di sekitar tenda.

Menggali parit akan menyebabkan terjadinya kebocoran pada tenda. Parit juga hanya akan merusak tempat berkemah dan mengganggu aktivitas bila dibuat mengelilingi tenda.

5. Menentukan posisi tenda yang tepat.

Anda tidak boleh memasang tenda di kecuraman, sudut, indentasi, dan tanah lembek tertentu. Anda juga harus berhati-hati pada sedimen kering karena endapannya bisa berubah menjadi genangan bila terkena hujan.

6. Menggunakan terpal sebagai lapisan tambahan.

Bila memungkinkan, ikatkanlah terpal ke pepohonan, tiang, atau benda apa pun yang terdapat di sekitar, untuk menciptakan “atap” di atas tenda. Anda juga harus memastikan sisi-sisinya menutupi pinggiran tenda agar air dapat mengalir jauh.

7. Memastikan ventilasi yang cukup.

Berlama-lama di dalam tenda akan menyebabkan kelembapan. Ventilasi yang baik menjadi kunci untuk meminimalkan kelembapan tersebut.

8. Menyiapkan handuk cepat kering (super absorbent) untuk mengelap kebasahan dalam tenda.

Tinggalkan Balasan