Ciwidey, Alternatif Wisata selain Lembang

JABAR EKSPRES — Kesibukan yang kita jalani sehari-hari terutama bagi penduduk daerah perkotaan tentunya sangat membuat kita lelah. Momen liburan tentunya menjadi salah satu waktu untuk melepas penat dari rutinitas sehari-hari yang sangat melelahkan. Karena itu, banyak orang yang mencari tempat alternatif untuk wisata, terutama wisata alam. Sejauh ini warga luar  kota Bandung masih memilih wisata Lembang maupun wisata Ciwidey yang ada di Bandung.Banyak orang yang memilih Bandung sebagai tempat melepas penat karena selain udaranya yang sejuk dan masih asri. Kuliner khas Bandung pun sangat beragam dan tidak pernah gagal menarik wisatawan dari berbagai daerah.

Sejauh ini, Lembang masih menjadi destinasi wisata utama. Entah itu saat liburan maupun akhir pekan oleh orang-orang yang berasal dari luar Bandung. Hal ini karena Lembang tidak jauh dari gerbang tol. Karena menjadi destinasi utama bagi banyak pendatang, jalanan daerah Lembang selalu padat. Namun, jangan khawatir jika Anda ingin melakukan perjalanan saat libur natal dan tahun baru, ada alternatif wisata lain yang tak kalah menarik yaitu Ciwidey.

Selama ini Ciwidey kalah dari segi jumlah pengunjung dibandingkan dengan Lembang karena akses menuju lokasinya yang cukup jauh dari jalan tol. Perjalanannya bisa memakan waktu 1 jam 18 menit atau sekitar kurang lebih 28,4 km melalui Jl. Provinsi. Namun, kini ada jalan tol baru yaitu Tol Soroja (Soreang-Pasirkoja), sehingga jika Anda melakukan perjalanan dari Jakarta, hanya membutuhkan waktu 3 jam 9 menit dengan jarak tempuh 170,1 km.

Seperti Lembang, banyak tempat-tempat menarik untuk dijadikan tempat wisata di Ciwidey, berikut rekomendasinya.

  1. Rengganis Suspension Bridge

Rengganis Suspension Bridge atau Jembatan Gantung Rengganis yang beralamat di Patengan, Kec. Rancabali memiliki panjang 370 meter dengan ketinggian 75 meter di atas permukaan tanah. Jembatan Gantung Rengganis ini baru beroperasi pada tahun 2022. Sensasi menyeberang di jembatan gantung dengan view hutan lebat akan menjadi salah satu pengalaman yang tidak terlupakan. Untuk harga tiket masuknya ialah Rp70.000 dan sudah termasuk tiket untuk masuk ke kawah Rengganis. Tempat ini beroperasi dari pukul 07.00 – 17.00.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan