Mahasiswa Baru Unjani Dididik Kedisiplinan dan Kepemimpinan Melalui LDKK

Jabarekspres.com – Sedikitnya, 1.186 mahasiswa baru Universitas Jenderal Achmad Yani (Unjani) mengikuti pendidikan latihan dasar kedisiplinan dan kepemimpinan (LDKK) di Pusat Pendidikan Artileri Medan (Pusdikarmed) Cimahi, Kamis 8 November 2022.

Rektor Unjani Hikmanto Juwana mengatakan, LDKK dilakukan sebagai menumbuhkan jiwa kedisiplinan dan kepemimpinan di kalangan mahasiwa yang akan menempuh pendidikan di kampus.

”LDKK ini juga bagian dari upaya menangkal paham radikalisme yang saat ini banyak bermunculan di kalangan anak muda,” katanya, usai menjadi Inspektur Upacara Pembukaan LDKK.

Menurutnya, LDKK ini menjadi pembeda antara Unjani dengan universitas-universitas lain.

”Latihan Dasar Kedisiplinan dan Kepemimpinan (LDKK) ini kita hidupkan kembali,” ujarnya.

Dia menyebutkan, ada empat ribu lebih 4.000 mahasiswa baru yang akan ikut program ini dan ditahap awal diikuti oleh 1.186 mahasiswa.

”Mereka semua akan digembleng sehingga bisa memiliki nilai-nilai kejuangan seperti prajurit TNI AD, baik saat berada di kampus dan juga lingkungan masyarakat,” terangnya.

Dia mengaku, LDKK akan menjadi bekal bagi mahasiswa bahkan ketika mereka sudah jadi alumni. ”Seperti memiliki nilai-niai disiplin, loyal, berani, pantang menyerah, dan santun, layaknya seorang prajurit,” tegasnya.

Di tempat yang sama, Wakil Ketua Pengurus Yayasan Kartika Eka Paksi (YKEP), Mayjen TNI (Purn) Muhammad Bambang Taufik menilai, LDKK bisa menjadi salah satu upaya dalam menangkal paham radikalisme di mahasiswa.

”Adanya pembekalan ke mahasiswa baru bisa memberikan pemahaman dan pengertian terhadap ideologi negara,” katanya.

Menurutnya, Unjani sebagai universitas yang dimiliki YKEP, selalu menjunjung Ketuhanan YME. ”Jadi apapun agamanya maka selalu mengajarkan semua pada kebaikan dan kemanfaatan pada sesama,” ujarnya.

Sementara salah seorang mahasiswa peserta LDKK, Najwa mengaku, baru kali ini mengikuti kegiatan seperti ini di lingkungan kampus. Dirinya bisa mengambil manfaat dari LDKK terutama dalam mengasah kedisiplinan dan kepemimpinan selama menjalani proses kuliah di kampus nantinya.

”LDKK bisa mengajarkan kedisiplinan, cara berpikir cepat dalam mengambil keputusan. Apalagi saya mahasiswa kebidanan sehingga dituntut untuk bisa bekerja disiplin dan cepat,” katanya. (*)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan