Pengobatan Dijamin Pemkot Cimahi Melalui Program JKN

Jabarekspres.com – Sejak hadirnya Program Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) yang diselenggarakan oleh BPJS Kesehatan, telah banyak orang yang memanfaatkan untuk menjalani pengobatan di fasilitas kesehatan.

Kokoy,50, adalah salah seorang peserta JKN yang telah merasakan manfaat dari adanya program tersebut. Perempuan yang sehari-hari manjadi ibu rumah tangga ini merupakan peserta dari segmen PBI APBD yang iurannya dibiayai oleh Pemerintah Daerah Kota Cimahi.

Saat ini Kokoy menggunakan JKN untuk berobat saraf terjepit yang sedang ia derita sejak pertengahan 2022. Saraf terjepit merupakan suatu kondisi, dimana saraf tertekan oleh bagian disekitarnya.

Jika tidak ditindak lanjuti dengan serius, maka dapat berdampak pada jaringan lunak, atau pelindung di sekitar saraf mengalami kerusakan atau pecah.

Hal ini akan menyebabkan pembekakan dan tekanan yang ekstra, dan bila terjadi terus-menerus, tentu

saja saraf bisa mengalami kerusakan secara permanen.

Kokoy sendiri mengaku pertama kali merasakan keluhannya berupa nyeri yang tidak kunjung hilang di bagian punggung bawah.

”Saat itu, tiba-tiba saya merasakan pinggang belakang terasa sakit, sampai jalan harus membungkukkan badan, rasa sakit juga terasa sampai di kaki,” katanya.

Karena sudah tidak tahan dengan rasa sakitnya, lanjut dia, Kokoy pun dibawa ke rumah sakit terdekat dari rumah oleh suami dan anaknya.

”Dokter langsung memeriksa kondisi saya dan menyatakan bahwa saya mengalami saraf terjepit,” ujarnya.

Dirinya menambahkan, setelah melalui proses pemeriksaan, saat itu dokter menyarankan Kokoy untuk menjalani rawat inap untuk kesembuhannya.

Bukan hanya itu, dirinya juga disarankan oleh dokter tersebut untuk memanfaatkan kepesertaan JKN miliknya agar ia tidak khawatir soal biaya perawatan selama menjalani pengobatan.

”Saya menjalani rawat inap selama 3 hari. Dokter saraf yang merawat saya pun menyarankan untuk menggunakan jaminan kesehatan karena biaya pengobatan dan perawatan ini cukup lama dan memakan biaya yang cukup banyak,” ungkapnya.

Kini Kokoy hanya dapat mengucapkan rasa syukur dan terima kasihnya kepada semua pihak terkait atas penyelenggaraan Program JKN, khususnya kepada BPJS Kesehatan dan Pemerintah Daerah Kota Cimahi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan