Apakah Donor Darah Dapat Menurunkan Risiko Penyakit Jantung?

JabarEskpres.com – Simak berikut penjelasan mengenai manfaat donor darah yang dapat menurunkan risiko penyakit jantung.

Tidak hanya bermanfaat bagi penerima, donor darah juga memiliki banyak manfaat bagi pen-donor tersebut.

Menurut Palang Merah Amerika, satu donasi dapat menyelamatkan sebanyak tiga nyawa, dan seseorang di Amerika Serikat membutuhkan darah setiap dua detik.

Sebelum melakukan donor darah, Anda diharuskan menjalani pemeriksaan kesehatan seperti detak jantung, tekanan darah, suhu tubuh, dan kadar hemoglobin.

Pemeriksaan darah ini secara tidak langsung efektif mendeteksi indikasi kondisi medis yang mendasari atau risiko penyakit tertentu.

Pemeriksaan darah tersebut dapat mengidentifikasi beberapa penyakit termasuk hepatitis B, hepatitis C, HIV, Sipilis, hingga Tripanosoma Cruzi.

Sebuah studi tahun 2017 menunjukkan bahwa donor darah secara teratur dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung yang mungkin disebabkan oleh kadar kolesterol jahat.

Namun, dengan melakukan donor darah secara teratur dapat menurunkan simpanan zat besi. Simpanan zat besi tubuh yang tinggi diyakini dapat meningkatkan risiko serangan jantung.

Efek samping donor darah

Donor darah aman untuk orang dewasa yang sehat. Tidak ada risiko tertular penyakit, karena peralatan baru dan steril digunakan untuk setiap donor.

Beberapa orang mungkin akan merasakan mual, pusing setelah melakukan donor darah. Jika merasakan ini, Anda bisa berbaring dengan kaki di atas sampai merasa lebih baik.

Berikut ini prosedur donor darah yang harus Anda ketahui.

  • Lakukan pemeriksaan darah oleh petugas kesehatan.
  • Kemudian, Anda akan diminta untuk duduk atau berbaring dengan rileks.
  • Lengan Anda akan dibersihkan, kemudian jarum steril akan dimasukkan ke lengan Anda
  • Ketika setengah liter darah telah terkumpul, petugas kesehatan akan mencabut jarum dan memberikan handsalplas.

Terdapat beberapa jenis donor darah, di antaranya donor trombosit, donor plasma, dan donor sel darah merah ganda.

Jenis donor darah tersebut dilakukan dengan menggunakan proses yang disebut apheresis. Ini akan mengumpulkan sejumlah kecil darah dan memisahkan komponen sebelum mengembalikan komponen yang tidak terpakai kembali kepada Anda.

Setelah donor darah selesai, Anda akan diberikan makanan ringan dan minuman serta dapat duduk dan berbaring selama 10 hingga 15 menit sebelum Anda pergi.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan