5 Jenis Makanan Yang Berbahaya Untuk Sarapan

Ilustrasi makanan sehat. (Pixabay)
Ilustrasi makanan sehat. (Pixabay)

JABAR EKSPRES- sebagai manusia, kita membutuhkan sarapan sebagai penunjang produktivitas sehari-hari. Dalam hal ini, banyak orang yang menganggap bahwa makanan yang baik untuk dikonsumsi dipagi hari itu adalah makanan yang mengandung karbohidrat, namun tenyata anggapan itu tidak benar, karena menurut Coach Isma sebagai ahli giji, ia berpendapat bahwa ada 5 makanan yang lebih baik dihindari ketika sarapan dengan alas an sebagai berikut.

  1. Donat atau cake, makanan ini lebih baik dihindari saat sarapan karena kandungan gula, tepung, susu, dan telurnya cukup tinggi. Dimana hal itu dapat memicu resistensi insulin, sehingga dapat menimbulkan diabetes mellitus.
  2. Daging olahan, seperti sosis, nugget, atau kornet. daging jenis ini lebih baik dihindari saat sarapan karena mengandung kadar garam dan jat pengawet yang tinggi, sehingga sangat berbahaya untuk Kesehatan. Karena Setiap 50 gram daging olahan dapat meningkatkan resiko penyakit jantung sebanyak 42 persen.
  3. Nasi uduk, mie, dan bubur. Makanan ini pada umumnya sering digunakan sebagai santapan dipagi hari, namun ternyata makanan ini justru tidak disarankan untuk sarapan. Karena makanan nasi, mie, dan bubur memiliki karbohidrat yang berlipat-lipat banyaknya. Dimana ini bisa meningkatkan resiko diabetes melitus dan obesitas.
  4. Gorengan, makanan yang satu ini juga merupakan makanan yang menjadi favorit di pagi hari, namun seperti yang kita ketahui bahwa gorengan ini mengandung lemak yang sangat tinggi. Apalagi jika digoreng dengan minyak yang sudah terpakai berkali-kali. Hal ini dapat menyebabkan resiko penyakit degeneratif.
  5. Sereal, jenis makanan ini banyak dijual dengan bentuk kemasan, dan kebanyakan dari sereal yang dijual hari ini sudah ditambahkan pemanis buatan yang cukup tinggi. Dan gula yang tinggi dapat menyebabkan penyakit diabetes mellitus. Jadi untuk sereal ini lebih baik diperhatikan terlebih dahulu informasi zat dan giji dalam kemasannya.

Dibalik jenis 5 makanan yang berbahaya untuk sarapan, ada beberapa makanan yang baik dan cocok untuk sarapan. Diantanya anda bisa mengkonsumsi buah-buahan, gandum, dan telur. Berikut penjelasanya kenapa makanan tersebut baik dikonsumsi untuk sarapan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan