Pemkot Bakal Buka Busa Kerja untuk Disabilitas

BANDUNG – Mendekati peringatan Hari Disabilitas, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung berencana buka bursa kerja khusus disabilitas.

Kepala Dinsos Kota Bandung, Soni Bakhtiyar mengatakan, bursa kerja tersebut akan diselenggarakan pada 3 Desember 2022 mendatang.

“Hadirnya bursa kerja disabilitas ini juga merupakan kolaborasi antara Dinos Kota Bandung bersama Disnaker Kota Bandung,” kata Soni pada Rabu (30/11).

Dia menerangkan, lapangan pekerjaan bagi disabilitas telah diatur dalam undang-undang, secara presentase yakni satu persen untuk perusahaan swasta.

“Bursa kerja disabilitas nantinya akan melibatkan para disabilitas yang mengisi rangkaian acara. Jadi konsepnya dari, oleh, dan untuk para disabilitas,” terang Soni.

Dijelaskannya, lapangan pekerjaan yang akan disiapkan nantinya antara lain di perusahaan swasta yang tergabung dalam Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Kota Bandung.

“Kemudian perusahaan toko ritel, toko modern, serta mal yang ada di Kota Bandung,” jelas Soni.

Diketahui, Dinsnaker Kota Bandung mencatat, sampai sekarang sebanyak 159 disabilitas sudah bekerja dan tersebar di 68 perusahaan di Kota Bandung.

Sementara untuk total keseluruhan, jumlah disabilitas yang ada di Kota Bandung ada sebanyak 8.600 orang.

Dari total keseluruhan itu, jumlah yang sudah masuk Data Terpadu Kesejahteraan Sosial (DTKS) Kota Bandung, sekiranya mencapai 5.500 orang.

“Hari Disabilitas Internasional 2022 di Kota Bandung ini, mengusung tema Partisipsi Bermakna Menuju Pembangunan Inklusif Berkelanjutan,” papar Soni.

Dia berharap, pada peringatan Hari Disabilitas nanti, tidak sekadar dimaknai sebagai seremoni belaka.

“Saya harap, para disabilitas dapat memiliki semangat juang dan berdaya saing, sehingga tumbuh menjadi pribadi yang unggul. Disabilitas punya potensi yang sama, kemampuan yang sama seperti kita,” pungkas Soni. (bas)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan