Atasi Kejahatan Siber, Begini Gebrakan Diskominfo Kabupaten Bogor

KABUPATEN BOGOR- Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor melakukan gebrakan dengan meluncurkan Computer Security Incident Response Team. Hal itu sebagai cara untuk meningkatkan intensitas penggunaan sistem informasi dan komunikasi.

Computer Security itu ditujukan untuk meningkatkan keamanan informasi, serta menciptakan ruang siber yang aman dan kondusif.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Kabupaten Bogor, Bayu Ramawanto menjelaskan, sistem ini salah satu upaya mengoptimalkan penanggulangan ancaman kejahatan cyber di lingkup Pemerintah Kabupaten Bogor.

 

“Kita ketahui bersama bahwa dunia cyber itu bukan merupakan tujuan tapi kita sudah berada di dunia cyber, sehingga, keamanan itu sangatlah dibutuhkan,” kata Bayu Rahmawanto kepada media, Rabu (30/11).

 

Sebagai informasi, CSIRT merupakan sebuah organisasi atau tim yang bertanggung jawab untuk menerima, meninjau dan menanggapi laporan dan aktivitas insiden keamanan siber.

 

Tim ini dibentuk dengan tujuan untuk melakukan penyelidikan komprehensif dan melindungi sistem atau data atas insiden keamanan siber yang terjadi pada organisasi.

 

Dalam sistem tersebut, Diskominfo melibatkan peranhkat daerah dan kecamatan sebagai agen dengan menunjuk satu orang pejabat atau yang menangani komponen di bidang teknologi informasi. “Pembentukan BOGORKAB-CSIRT ini sebagai tindak lanjut hasil koordinasi dengan BSSN,” tambah Bayu

Pemkab Bogor juga berupaya  untuk meningkatkan kualitas layanan publik dan Sistem Pemerintah Berbasis Elektronik.

Untuk mengantisipasi risiko dan  keamanan siber, Pemkab Bogor menerbitkan Peraturan Bupati Bogor nomor 57 tahun 2021 tentang Pelaksanaan Persandian untuk Pengamanan Informasi di Pemerintahan Kabupaten Bogor.

 

“Selanjutnya dalam rangka mendukung persandian untuk pengamanan informasi Pemerintah Kabupaten Bogor. Ini juga merupakan prioritas nasional yang ditetapkan oleh BSSN sebagai sinergi, kolaborasi, komitmen, mewujudkan ruang cyber yang aman dan terkendali,” ucapnya.

Sementara itu, Direktur Kamsibersan Pembangunan Manusia BSSN, Giyanto Awan Sularso memberikan dukungan kepada tim tanggap insiden siber atau Computer Security Incident Response Team Pemerintah Kabupaten Bogor.

“Di ruang siber terdapat berbagai peluang untuk kesejahteraan manusia seperti kemudahan dalam berkomunikasi dan urusan bisnis untuk meningkatkan kesejahteraan khususnya melalui ekonomi digital,” kata Giyanto Awan Sularso.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan