Kemendagri Optimis Sumedang Mampu Adopsi Best Pratices Finlandia

Jabarekspres.com – Delegasi Benchmarking Digital Services Pemda Kabupaten Sumedang ke Finlandia diyakini mampu adopsi best pratices Finlandia.

Hal tersebut diungkapkan Direktur Jenderal Bina Administrasi Kewilayahan Kementerian Dalam Negeri RI, Dr. Safrizal ZA pada saat Fokus Group Discussion (FGD) di Helsinki, Sabtu malam (27/11).

“Kemendagri banyak memfasilitasi daerah provinsi dan kabupaten/kota untuk studi ke luar negeri, tetapi sedikit sekali yang menindaklanjuti hasilnya. Padahal seharusnya hasil studi ke luar negeri tersebut akan menjadi pembeda daerah tersebut dengan daerah lainnya. Saya yakin Sumedang berbeda,” ungkap Safrizal.

Disampaikan agar Sumedang memanfaatkan kegiatan benchmarking untuk terus berbenah dan meningkatkan kualitas digital services dengan mengadopsi best practices di Finlandia.

“Saya optimis Sumedang mampu mengadopsi perubahan paradigma digital services, dari reaktif ke proaktif sebagaimana dikembangkan oleh Kota Helsinki,” ucapnya.

Menurut Safrizal, yang paling berat adalah merubah budaya atau kebiasaan aparatur dan masyarakat untuk berkinerja berkelanjutan. Tidak terpengaruh oleh pergantian kepemimpinan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *