Pertama di Indonesia, Lapas Paledang Sediakan Keran Air Bersih di Kamar Hunian

Jabarekspres.comWarga binaan dan petugas di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Paledang atau Lapas Kelas IIA Bogor saat ini dapat menikmati air minum langsung konsumsi yang tersedia di kamar hunian.

Penyediaan air minum bagi warga binaan itu buah kerja sama dalam bentuk hibah dari PT Beliver Karya Indonesia kepada Lapas Kelas IIA Bogor dalam bentuk pengadaan mesin dan instalasi air bersih layak minum.

Saat ini terdapat 90 unit instalasi yang telah terpasang tepatnya di area jendela kamar hunian dengan pasokan air minum mengalir selama 24 jam.

Kepala Lapas Kelas IIA Bogor Yohanes Waskito mengatakan, mesin dan instalasi air minum tersebut beroperasi sejak pekan lalu dan air yang dihasilkan telah melalui uji laboratorium laik untuk dikonsumsi.

”Ini sudah digunakan kurang lebih seminggu lalu, sudah melalui proses pengecekan laboratorium juga. Saya juga sudah mencoba, sampai saat ini sehat, artinya air itu betul-betul memenuhi standar untuk air minum,” ungkapnya pada Senin, 28 November 2022.

Dia mengungkapkan, penyediaan air minum di Lapas Bogor itu terbilang pertama yang ada di wilayah Kementerian Hukum dan HAM.

Oleh karena itu, dirinya berharap Lapas Bogor bisa menjadi pilot project untuk penyediaan air minum bagi warga binaan di Lapas lain seluruh Indonesia.

”Setahu saya di Lapas lain di Indonesia belum ada. Mudah-mudahan penyediaan air minum ini bisa menjadi contoh Lapas dan Rutan (rumah tahanan) seluruh Indonesia. Dan saya berharap ada kebijakan dari pimpinan kementerian, Lapas Bogor ini bisa dicontoh bagi Lapas lain,” ujarnya.

Dalam kesempatan ini, pihaknya mengucapkan terimakasih kepada PT Beliver Karya Indonesia yang telah memberikan perhatian yang luar biasa khususnya kepada Lapas Bogor.

”Apa yang dilakukan PT Beliver bentuk perhatian kepada warga binaan khususnya dalam penyediaan air minum. Karena air minum merupakan satu kebutuhan penting bagi warga binaan yang selama ini prosesnya tradisional, artinya air itu cukup dimasak. Tapi dengan hibah dari PT Beliver dengan menggunakan teknologi tinggi, warga binaan mulai hari ini hingga seterusnya akan menikmati air sehat,” paparnya.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan