Tips Berinvestasi untuk Pemula. Jauhi Tertipu, Dekati Keuntungan!

JABAREKSPRES.COM, – Berinvestasi untuk pemula tentu ada tipsnya. Apalagi investasi saat ini kian diburu.

Tips berinvestasi tentunya sangat penting. Tujuannya agar berhati-hati dengan memilih investasi yang aman.

Berinvestasi selain untuk dana simpanan keadaan darurat, pun untuk kebutuhan keuangan di masa depan.

Apalagi saat ini tidak sedikit perusahaan atau pihak yang melakukan penawaran investasi ilegal dengan tawaran menggiurkan.

Maka berinvestasi untuk pemula wajib memahaminya tipsnya

Lantas bagaimana cara berinvestasi untuk pemula yang aman? Simak tips artikel ini yang dilansir dari sikapiuangmu.ojk.go.id agar bisa lebih berhati-hati.

Tips Berinvestasi Aman

Jangan cepat tergiur dengan janji keuntungan yang tidak wajar.

Contohnya: tingkat keuntungan besar dan pasti tidak akan merugi (misal: 5% keuntungan dari nilai investasi perbulan).

Pastikan orang/perusahaan yang menawarkan investasi telah memiliki izin salah satu lembaga yang berwenang (Bank Indonesia, Otoritas Jasa Keuangan, Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI), dan Kementerian Koperasi dan UKM).

Contohnya :

Pada penawaran produk Pasar Modal (efek/surat berharga) atau produk Perbankan, perusahaan atau bank yang menawarkan harus memiliki izin usaha dan tercatat di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Pada penawaran produk komoditi berjangka, perusahaan tersebut harus memiliki izin usaha dan tercatat di Badan Pengawas Perdagangan Berjangka Komoditi (BAPPEBTI), Kementerian Perdagangan RI.

Apabila koperasi menawarkan investasi, koperasi tersebut harus memiliki izin usaha dan tercatat di Kementerian Koperasi dan UKM.

Sebagai informasi, bahwa Surat Izin Usaha Perdagangan (SIUP) bukanlah izin untuk melakukan penghimpunan dana masyarakat dan pengelolaan investasi.

Jika anda, mengetahui atau menerima tawaran penghimpunan dana dan pengelolaan investasi yang tidak wajar segeea laporkan pada Polisi atau Satgas Waspada Investasi atay Telepon ke 157.***

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan