Korban Bangunan

Waktu kecil saya bisa membuat bata merah. Mengaduk tanahnya. Mencetaknya. Menjemurnya: dengan menumpuknya bersilang-silang. Memanggulnya ke tempat pembakaran. Sekali panggul kuat lima bata mentah. Lalu membakarnya: satu harmal. Sekali bakar 1000 bata.

Saya sama sekali tidak tahu bahwa bata merah tidak ideal untuk bangunan di wilayah gempa. Rasanya orang Cianjur juga tidak tahu. Apakah setelah gempa ini mereka membangun kembali rumah dengan taat aturan gempa itulah persoalan kita.

Semua ahli heran: gempanya 5,6 skala richter. Korbannya begitu banyak. Maka benar: gempa tidak membunuh manusia; bangunanlah yang membunuh mereka. (Dahlan Iskan)

Komentar Pilihan Dahlan Iskan di Tulisan Edisi 22 November 2022: Lima Golongan

 

EVMF

Pak Mirza, Gempa di Cianjur dengan magnitudo 5,6 mengakibatkan kerusakan yang parah karena episentrum-nya di darat dengan kedalaman yang termasuk kategori dangkal yakni hanya +/-10km dari permukaan tanah. Ini termasuk kategori shallow earthquake yakni episentrum dengan kedalaman kurang dari 70 km. Gelombang yang ditimbulkan umumnya berupa primary wave (compressional wave) berupa gelombang longitudinal yang merambat dengan kecepatan yang sangat luar biasa +/-6km per detik, sehingga mengakibatkan kerusakan yang sangat parah.

 

Chei Samen

Sakitnya tuh di sini.. di sini.. di sini.. di Malaysia, negara Ku! Perang idealisme, perang pendapat, perang muafakat. Juga perang janji. Di partai koalisi. Bang Dahlan, pandangan dan pendapat tuan saya akur. Ada juga benarnya! Cuma Abah tertinggal satu input. Kehadiran pengundi muda usia 18 tahun. Otomatis. Mulai pru 15 kelmarin. Anak muda ini berinformasi. Merekalah pelakar sejarah meredumnya dominasi Umno/BN. Melejitnya dokongan koalisi gabungan anti Umno. Dari 54 tinggal 30 kursi. Prediksi saya, akan datang cuma 15 atau mungkin tinggal 10 kursi. Tangan anda mencincang, bahu anda kan memikul. Rasaaaiin! (Minjam kata Pak Mirza dulu-dulu) Kelmarin sore. Senin, saya tertunggu. Selasa sore ini, juga menunggu. Siapa PM ku?? Mengambil kesempatan ini, saya ucap simpati dan kesedihan atas kejadian alam di Cianjur dan sekitarnya kelmarin. Moga sabar dan kuat semangat menghadapi kejadian ini. Salam persaudaraan.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan