Mengatasi Kelelahan Mata Akibat Terlalu Lama Menatap HP dan Komputer

JABAREKSPRES.COM – Resiko pekerjaan yang harus selalu menatap layar HP atau Laptop sepertinya kini banyak dikeluhkan, pasalnya hal tersebut sangat berdampak pada kesehatan mata. Gangguan yang terjadi pada mata akibat terlalu lama menatap layar tersebut biasa disebut dengan kelelahan mata.

Kelelahan mata bisa terjadi apabila mata dipaksa untuk melihat cahaya dalam kurun waktu yang lama, apalagi dengan istirahat mata yang kurang.

Bukan hanya terjadi pada pekerja kantoran yang harus menatap layar monitor komputer atau laptop selama jam kerja. Namun kelelahan mata juga kini banyak dikeluhkan oleh anak-anak yang terlalu lama bermain game menggunakan HP.

Dilansir dari ayosemarang.com, penelitian terbaru menunjukkan bahwa 59% orang yang menggunakan komputer dan perangkat digital setiap hari mengalami gejala ketegangan mata digital, atau disebut juga ketegangan mata komputer atau sindrom penglihatan komputer.

Sindrom tersebut tidak tampak berbahaya, karena dampaknya tidak langsung terasa. Namun bila dibiarkan maka resiko kesehatan lain bisa terjadi, bahkan penyakitnya bisa menyebar tidka hanya disekitar mata.

Adapun gejala yang terjadi karena sindrom penglihatan komputer adalah kelelahan dan ketidaknyamanan mata, mata kering, sakit kepala, penglihatan kabur, nyeri leher dan bahu, mata berkedut dan mata merah.

Untuk menghindari dan mengatasi permasalahan mata tersebut, berikut ada beberapa cara yang bisa dilakukan.

1. Pastikan untuk melakukan pemeriksaan mata

Melakukan pemeriksaan mata secara teratur adalah hal terpenting yang dapat anda lakukan untuk mencegah dan mengobati masalah penglihatan di depan komputer atau ponsel. Jika kamu belum pernah menjalani pemeriksaan seperti itu selama lebih dari setahun, pastikan untuk menjadwalkan janji temu dengan dokter mata.

Ukur jarak antara mata anda dan layar komputer atau perangkat digital dan sebutkan pengukuran ini selama pemeriksaan sehingga dokter mata dapat mengamati jarak kerja tertentu dalam pemeriksaan.

2. Gunakan cahaya yang sesuai

Mata kering sering disebabkan oleh cahaya yang sangat terang yang masuk dari sinar matahari luar melalui jendela atau dari cahaya dalam ruangan yang ringan. Saat kamu menggunakan komputer, cahaya sekitar harus sekitar setengah kecerahan yang biasanya terlihat di sebagian besar lingkungan kerja.

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan