Hindari Bencana Longsor di Bogor, HPP Tanam Ribuan Pohon

BOGOR – Bencana longsor di Bogor khususnya di kawasan puncak menjadi perhatian serius Himpunan Pedagang Puncak (HPP). Dengan itu, HPP melakukan penanaman puluhan ribu pohon di seputaran Jalan Raya Puncak guna mencegah terjadinya bencana longsor di kawasan tersebut.

Wakil ketua HPP, Apen mengatakan, dirinya bersama pedagang yang lain secara berinisiatif untuk menanam pohon, karena khawatir dengan terjadinya longsor dan hilangnya resapan air di kawasan Puncak.

“Sebagai bentuk kepedulian kami terhadap kawasan puncak yah, untuk itu kami menanamkan pohon di sekitar jalan raya puncak,” kata Apen kepada jabarekspres.com, Rabu 16 November 2022.

Penanaman pohon ini didukung oleh Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) juga didukung oleh Yayasan Jembatan Nawacita.

“Kami sudah menanamkan sebanyak 9 ribu bibit pohon jati dan mahoni disepanjang jalan raya puncak, untuk mengikis terjadinya tanah longsor dan meningkatkan resapan air di kawasan puncak,” tambahnya.

Apen mengungkapkan, rasa terimakasih kepada Kementerian Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN) dan berharap kedepannya bisa terus menamakan pohon kembali di Kawasan Puncak. Hal ini guna mengantisipasi terjadi bencana longsor di Bogor, khususnya di kawasan puncak.

“Semoga ini terus dapat bekerjasama dalam rangka menghijau kan kembali kawasan puncak, karena yang kita taman hari ini akan berdampak dikemudian hari, sehingga dapat mengantisipasi bencana,” pungkasnya. (sfr/tur)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan