Antisipasi Tawuran Antarpelajar, Polsek Gunung Putri Razia Pelajar Bermotor

Jabarekspres.com – Maraknya aksi tawuran antarpelajar menjadi perhatian pihak kepolisian. Untuk mengantisipasi tawuran, Polsek Gunung Putri Kabupaten Bogor pun menggelar razia.

Razia dilakukan kepada para pelajar yang menggunakan kendaraan roda dua. Dalam kegiatan itu, para petugas menghentikan para pelajar tersebut. Selain memeriksa surat-surat kendaraan, petugas pun memeriksa tas dan bagasi motor.

Kapolsek Gunung Putri, Kompol Bayu Tri Nugraha Hidayat mengatakan, razia itu dilakukan untuk mencegah dan mengantisipasi terjadinya tawuran antarpelajar dan penyerangan sesama pelajar yang sempat terjadi beberapa hari lalu.

”Razia Sebagai upaya untuk menekan kesempatan mereka (para pelajar) membawa barang sajam dan niat melakukan hal negatif seperti tawuran antarpelajar,” ungkapnya, saat dihubungi Jabarekspres.com, Selasa 15 November 2022.

Menurutnya, razia juga dilakukan dalam upaya menjaga stabilitas keaman. ”Lebih baik mencegah dari pada mengobati,” ujarnya.

Dalam kegitan itu, petugas kepolisian memberikan hukum kepada para pelajar yang melanggar tertib lalulintas, seperti tidak menggunakan helm dan berboncengan lebih dari dua orang.

”Pelajar yang melanggar kita berikan hukuman mendidik. Dari mulai membaca pancasila dan membuat surat pernyataan  di hadapan gurunya,” terang Bayu.

Bayu mengaku, kegiatan razia pelajar rutin dilakukan setiap hari dengan titik yang berbeda-beda. Khususnya di wilayah yang dinilai rawan terjadi tawuran antarpelajar.

”Setiap titik kami menerjunkan enam personel,” sebutnya.

Tidak hanya razia, Bayu juga mengaku jika pada malam akhir pekan, petugas juga kerap melakukan patrol berskala besar.

”Target utama kami menjaga pelajar. Sebagai generasi penerus bangsa harus dijaga dan dibina agar bisa menjadi bibit unggul di masa depan,” bebernya.

Dari hasil razia tersebut, petugas mengamankan satu senjata tajam berjenis cerulit. Pada pelanggar tersebut, polisi bakal memberikan hukuman dengan kentuan yang berlaku.

Dia pun mengimbau kepada orang tua, agar berperan aktif memberikan pemahaman kepada anak-anaknya serta menjaga pergaulan yang baik.

”Peran orang tua sangatlah penting. Saya berharap orang tua dapat memberikan pemahaman kepada anak, mulai dari pergaulan dan batas waktu bermain,” pungkasnya. (sfr)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan