Loyalitas Pendukung Ridwan Kamil Paling Tinggi

Jabarekspres.comElektabilitas dan loyalitas pendukung Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ridwan Kamil kian hari terus naik. Terlebih di Provinsi Jabar.

Bahkan, berdasarkan Lembaga survei CIGMark, saat ini nama Ridwan Kamil di atas nama Prabowo Subianto, Anies Baswedan dan Ganjar Pranowo.

Survei dilakukan pada 12-28 September 2022, menggunakan metodologi multi stage random sampling (MSRS) dengan responden 825 orang.

Pada pelaksanaanya, responden diwawancarai langsung dengan menggunakan kuesioner dengan margin error plus minus 3,48 persen dan tingkat kepercayaan 95 persen.

Di lansir dari radarjabar.disway.id CEO CIGMark Research and Consulting Panca Pratama menyebutkan, melejitnya nama Ridwan Kamil tersebut berdasarkan survei terbuka (top of mind).

”Saat ini sosok RK (Ridwan Kamil) mengantongi dukungan paling tinggi sebesar 22,1 persen,” sebutnya, di Jakarta.

Ungguli Prabowo dan Anies

Pada survei tersebut CIGMark menyodorkan 18 nama dan menanyakan siapa calon presiden yang akan dipilih jika pemilihan presiden dilaksanakan.

”Hasilnya, RK menempati elektabilitas paling tinggi 39,2 persen. Kedua ada Prabowo Subianto 23,5 persen, disusul Anies Baswedan 14,9 persen dan Ganjar Pranowo 8,1 persen,” terangnya.

Menurutnya, dari aspek loyalitas pendukung pun, pria yang kerap disapa Kang Emil itu pun paling tinggi yaitu sebesar 31,5 persen.

”RK meninggalkan cukup jauh Prabowo Subianto,” ujarnya.

Padahal, selama ini nama Prabowo cukup bersinar di Jawa Barat. Namun kali ini jauh di tinggalkan oleh Kang Emil.

”Pemilih loyal Prabowo 16,1 persen, Anies Baswedan 9,5 persen, Ganjar Pranowo 5,1 persen,” sebutnya.

Popularitas Kang Emil untuk menjadi Calon Presiden (Capres) juga meunjukan jika mantan Wali Kota Bandung itu menjadi figur yang paling dikenal dan disukai di Jabar.

Popularitas RK menembus 99,2 persen dengan tingkat kesukaan 97,2 persen. Kemudian, Prabowo 96,9 persen dengan kesukaan 75,7 persen,” bebernya.

Sementara popularitas Anies Baswedan 86,6 dengan tingkat kesukaan 80,3 persen, disusul Sandiaga Uno 81,4 persen dengan kesukaan 80,4 persen.

”Untuk kandidat lain pengenalannya masih di bawah 80 persen,” ucapnya.

Namun demikian, kata Panca,  jumlah swing voters masih cukup tinggi yaitu 32,6 persen. “Jika dilihat dari data tren strong supporter, maka terlihat ada peningkatan dukungan terhadap Ridwan Kamil,” pungkasnya. (ziz)

Berita Terkait

Tinggalkan Balasan